Tautan-tautan Akses

Presiden Iran Mengancam Akan Keluar dari Perjanjian Non-Proliferasi Nuklir


Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengancam akan keluar dari Perjanjian non-proliferasi nuklir kalau Barat terus menekan Teheran mengenai program nuklirnya yang disengketakan.

Pemimpin Iran itu mengeluarkan ancaman tadi Sabtu ini dalam pidato kepada ribuan pendukung yang memperingati ulang tahun Revolusi Islam 1979. Kata Ahmadinejad, selama ini Iran telah mematuhi perjanjian non-proliferasi nuklir, tetapi memperingatkan, Teheran akan mengubah kebijaksanaannya kalau Barat berusaha menggunakan perjanjian itu untuk melanggar hak Iran guna memperoleh teknologi nuklir.

Sebelumnya, hari ini, mantan Presiden Iran Mohammad Khatami memperingatkan, harga minyak dunia yang sekarang sekitar 70 dolar per barrel akan naik kalau PBB memberlakuakan sanksi terhadap Teheran karena program nuklirnya yang dipermasalahkan.

Sebelumnya dalam bulan ini Badan Tenaga Atom Internasional telah memutuskan untuk mengajukan Teheran kepada Dewan Keamanan PBB, yang membuka jalan bagi kemungkinan dikenakannya sanksi terhadap Iran.

XS
SM
MD
LG