Tautan-tautan Akses

Transparency International: Korupsi Rampas Dana Pemeliharaan Kesehatan


Laporan tahunan organisasi Transparency International yang berkedudukan di Berlin mengatakan pencurian, penyuapan dan pemerasan memungkiri perawatan kesehatan dari orang yang paling membutuhkannya. Dikatakan bahwa obat palsu membunuh ribuan orang tiap tahun sementara mempercepat penyebaran penyakit yang kebal obat.

Menurut organisasi itu, skala korupsi luar biasa besar dan terjadi di sektor publik maupun swasta, mulai dari pencurian dan pemerasan kecil-kecilan sampai ke pemerasan besar-besaran terhadap kebijakan kesehatan dan pembeayaannya. Ketua Transparancy International, Hugette Labelle mengatakan akibat semua itu terwujud dalam bentuk penderitaan manusia.

Organisasi mengatakan sulit untuk mengetahui seberapa banyak dari 3 trilion dolar yang dikeluarkan dunia untuk perawatan kesehatan yang telah dibelokkan dari tujuannya. Dikatakan bahwa masalah ini terjadi di negara maju di Amerika Utara dan Eropa maupun juga di negara sedang berkembang di Afrika, Asia dan Amerika Latin.

Seterusnya laporan mengatakan memerangi korupsi dimulai dengan transparansi. Ini termasuk akses yang mudah pada informasi bagi negara donor maupun negara penerima bantuan ditambah dengan pemantauan independen terhadap kebijakan kesehatan dan proyek publik.

XS
SM
MD
LG