Tautan-tautan Akses

Para Pemimpin Dunia Luncurkan “REPELITA” Bagi Afghanistan


Para pemimpin dunia telah meluncurkan rencana lima tahun untuk memberi dukungan keuangan dan militer bagi perjuangan Afghanistan melawan pihak militan dan pedagang opium.

Rencana itu, yang diumumkan hari Selasa pada konferensi donor di London, mencakup penumpasan kelompok-kelompok bersenjata yang ilegal selambat-lambatnya tahun 2007 dan membentuk tentara nasional dan sistem keadilan yang terhormat selambat-lambatnya tahun 2010.

Presiden Hamid Karzai memberitahu konferensi itu, “perjuangan getir” masih terbentang di depan, khususnya dalam upaya menumpas pemberontak dan produksi opium yang mendukung mereka. Karzai mengatakan setidaknya akan diperlukan waktu 10 tahun untuk mengembangkan sumber pendapatan yang lain bagi para petani dan untuk memusnahkan seluruhnya produksi opium. Ia mengatakan negara-negara donor sebegitu jauh sudah menjanjikan bantuan hampir lima milyar dolar.

Menteri Luar Negeri Amerika Condoleeza Rice mengumumkan bahwa Presiden Bush akan meminta Kongres untuk menyediakan 1,1 milyar dolar dalam bantuan baru bagi negara yang porak-poranda akibat perang itu. Rice, bersama-sama dengan Presiden Karzai juga telah meresmikan proyek bernama Jembatan Bagi Pembangunan Bisnes” berdasarkan mana sektor swasta Amerika akan menempa hubungan dengan sektor swasta dan membantu dalam pembangunan kembali Afghanistan.

XS
SM
MD
LG