Tautan-tautan Akses

Condoleeza Rice Kritik Sikap Rusia Berpaling Dari Demokrasi


Menlu Amerika Condoleeza Rice mengatakan, sikap Rusia yang berpaling dari demokrasi tidak sejalan dengan tugas jabatan negara itu sebagai ketua delapan negara industri besar atau G8.

Rice menegaskan, Moskow patut memahami bahwa posisinya di dalam G-8 melibatkan kewajibannya untuk menegakan demokrasi. Rice juga mengatakan, jika Rusia adalah bagian dari G8, negara itu harus menjadi negara industri yang demokratis atau harus menghadapi banyak pertanyaan dalam sidang negara-negara tersebut.

Namun Rice menolak anggapan bahwa Rusia kembali ke system jaman Uni Soviet. Rice mengemukakan hal ini dalam pidatonya di Universitas Georgetown, Washington.

Sejak Vladimir Putin menjadi presiden Rusia tahun 2000, dia mengambil sikap yang semakin keras terhadap media massa, mengganti para gubernur dengan orang-orang yang diangkatnya dan menguasai parlemen yang berada di bawah kontrolnya.

Rusia mulai menjadi ketua G8 tanggal 1 Januari lalu dan akan menjadi tuan rumah KTT negara-negara industri besar itu di St. Petersburg akhir tahun ini.

XS
SM
MD
LG