Tautan-tautan Akses

Menteri Luar Negeri dari Inggris, Perancis, dan Jerman akan Mengadakan Pertemuan


Para Menteri Luar Negeri dari Inggris, Perancis, dan Jerman akan mengadakan pertemuan hari ini untuk membicarakan dilanjutkannya penelitian bahan bakar nuklir oleh Iran. MenLu Inggris Jack Straw mengatakan perundingan tsb akan memusatkan pada satu sidang darurat panel direktur Badan Energi Atom Internasional agar melimpahkan masalah Iran kepada DK PBB.

Media Rusia mengutip MenLu Rusia Sergei Lavrov mengutarakan utusan-utusan utama daru Rusia, AS, Cina dan ketiga negara Eropa itu, berencana bertemu di London pekan depan guna membahas isyu nuklir Iran. Negara-negara Barat memperingatkan kemungkinannya lebih kuat bahwa Iran akan diajukan kepada Dewan Keamanan PBB, setelah Iran melanjutkan penelitian nuklir pekan ini.

Sementara itu, sumber-sumber diplomatik menyebutkan, walaupun Iran selesai memindahkan plakat-plakat PBB dari 5 lokasi nuklir di Natanz, Pars Trash dan Farayand, Iran tidak akan mampu memulai segera proses pengayaan uranium. Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya di Eropa menuduh Iran berusaha mengembangkan senjata nuklir – tuduhan yang dibantah Iran.


XS
SM
MD
LG