Tautan-tautan Akses

Tiga Lagi Warga Turki Positif Terjangkit Flu Unggas


Pejabat-pejabat kesehatan Turki mengatakan tiga lagi warga Turki dites positif bagi jenis flu unggas H5N1. Para pejabat mengatakan hari Ahad ketiga kasus itu ditemukan di ibukota Ankara.

Ini adalah kasus-kasus manusia pertama di luar provinsi Van di timur jauh – dimana penyakit itu telah menewaskan seorang saudara laki-laki dan saudara perempuan pekan lalu.

Sebuah team Organisasi Kesehatan Sedunia, WHO, berada di Turki untuk menilai tanggapan pemerintah terhadap penyakit itu. WHO mengatakan semua bukti sejauh ini menunjukkan virus berasal dari unggas yang sakit dan tidak melalui kontak antar manusia. Virus H5N1 telah menewaskan lebih dari 70 orang di Asia Tenggara dan Cina sejak tahun 2003.

WHO mengatakan orang tidak akan terkena flu unggas dari memakan makanan daging dan telur unggas yang dimasak secara semestinya. Seorang jurubicara WHO, Ian Simpson, mengatakan kepada VOA bahwa memasak makanan cukup lama akan membunuh virus. Ia juga menasihati agar tempat-tempat penyiapan makanan dijaga kebersihannya.

XS
SM
MD
LG