Tautan-tautan Akses

Rusia Sepakat Melanjutkan Suplai Gas Alamnya ke Ukraina


Rusia sepakat untuk melanjutkan kembali suplai gas alamnya ke Ukraina, setelah para pejabat energi dari kedua negara mencapai kesepakatan dalam sengketa harga yang mengacaukan ekspor gas ke Eropa.

Perusahaan-perusahaan gas alam gas Rusia dan Ukraina mencapai kesepakatan harga itu hari Rabu ini di Moskow.

Berdasarkan kesepakatan lima tahun itu, Ukraina akan membeli gas pada tingkat harga 95 dolar per 1000 meter kubik, meningkat dari tingkat harga sekarang yang 50 dolar. Gas tersebut akan disuplai oleh sebuah perusahaan dagang yang mengimpor gas yang lebih mahal dari Rusia, dan gas yang lebih murah dari Turkmenistan dan Kazakhstan.

Perusahaan gas negara di Rusia, Gazprom, menghentikan suplai ke Ukraina setelah Ukraina menolak untuk menerima tuntutan Rusia untuk meningkatkan harga empat kali lipat. Tindakan itu menyebabkan kekurangan gas di Eropa, yang sangat tergantung pada gas Rusia.

Moskow telah menuduh Kiev mencuri gas yang mengalir melalui pipa-pipa yang melintasi kawasan Ukraina ke Eropa Barat. Suplai gas Eropa kembali normal kemarin setelah Gazprom memulihkan kembali pengiriman dengan sepenuhnya.

XS
SM
MD
LG