Tautan-tautan Akses

AS Mengirim Dua Utusan ke Timur Tengah


Amerika Serikat mengirim dua utusan senior ke Timur Tengah untuk pembicaraan yang bertujuan menghindari penundaan dalam pemilu Palestina yang dijadwalkan akhir bulan ini.

Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan Menteri Muda David Welch dan Deputi Penasehat Keamanan Nasional Elliott Abrams akan melangsungkan pembicaraan terpisah dengan para pejabat Israel dan Palestina akhir pekan ini.

Jurubicara Departemen Luar Negeri mengatakan pembicaraan bertujuan mendorong kedua pihak supaya tetap bertekad menyelenggarakan pemilu parlementer Palestina tanggal 25 Januari, sesuai dengan rencana semula.

Israel mengancam akan mencegah orang Arab di Jerussalem Timur mencoblos, jika calon-calon dari gerakan militan Islam HAMAS tercantum dalam surat suara. Di pihaknya, pemimpin Palestina Mahmoud Abbas mengancam akan menunda pemilu itu, jika Israel melaksanakan ancamannya.

Namun, pejabat-pejabat Fatah lainnya mengimbau penundaan, dengan menyitir tanda-tanda anarki yang bertambah di Gaza dan ancaman Israel untuk melarang orang Arab di Jerusalem Timur mencoblos.

XS
SM
MD
LG