Tautan-tautan Akses

Hwang Woo-suk Tidak Memproduksi Sel Batang yang Dibuat Khusus untuk Pasien


Sebuah panel penyelidik mengatakan ilmuwan Korea Selatan Hwang Woo-suk tidak memproduksi sel batang yang dibuat khusus untuk para pasien, meskipun dia mengklaim demikian dalam laporan risetnya. Panel beranggotakan sembilan orang dari Universitas Nasional Seoul mengatakan hari ini bahwa sel-sel yang diklaim Hwang adalah sel-sel batang yang berasal dari sel-sel telur yang telah dibuahi.

Panel itu mengatakan Hwang dan tim risetnya tidak memiliki data ilmiah untuk membuktikan bahwa mereka memproduksi sel-sel batang yang dibuat khusus untuk para pasien. Hwang belum memberi komentar mengenai penemuan panel tersebut.

Dia mengundurkan diri sebagai guru besar pada Universitas Nasional Seoul, menyusul pengumuman pekan lalu oleh panel yang sama bahwa tim riset itu memalsukan sedikitnya sembilan dari 11 baris sel batang yang digunakan dalam studi itu. Hwang mendapat pujian internasinal bulan Mei lalu ketika dia mengumumkan timnya berhasil memproduksi sel batang yang dibuat khusus untuk pasien. Tetapi, salah satu mitra risetnya mengatakan bahwa hasil studi itu dipalsukan.

XS
SM
MD
LG