Tautan-tautan Akses

Ribuan Orang Arab Sunni dan Shiah Turun ke Jalan Memprotes Hasil Pemilu


Ribuan orang Arab Sunni dan Shiah sekuler berpawai di ibukota Irak hari Selasa kemarin untuk memprotes kecurangan yang diduga terjadi dalam pemilu parlementer baru-baru ini. Panitia demonstrasi menyerukan agar diadakan pemilu ulang di beberapa daerah Irak dan mengatakan penyelidikan internasional sebaiknya dimulai atas ratusan keluhan terkait pemilu.

Hasil pemilu tahap awal menunjukkan calon-calon Shiah memenangkan 130 kursi dalam parlemen dengan 275 kursi itu. Hasil final diharapkan akan diumumkan bulan depan. Di kota Irbil, Irak utara, seorang tokoh utama Shiah, Abdul Aziz al-Hakim, bertemu dengan para pemimpin Kurdi untuk membahas rencana bagi pembentukan pemerintahan koalisi.

Para pejabat mengatakan al-Hakim juga akan melangsungkan perundingan dengan para pemimpin Arab Sunni pekan ini. Sementara itu, pihak berwenang di Karbala mengatakan mereka telah menemukan kuburan yang diduga berisi kerangka jenazah setidaknya 20 korban penumpasan tahun 1991 terhadap Shiah Irak.

Ribuan orang Arab Sunni dan Shiah sekuler berpawai di ibukota Irak hari Selasa untuk memprotes kecurangan yang disinyalir dalam pemilu parlementer baru-baru ini. Panitia demonstrasi menyerukan agar diadakan pemilu ulang di beberapa daerah Irak dan mengatakan penyelidikan internasional sebaiknya dimulai atas ratusan keluhan terkait pemilu. Hasil pemilu tahap awal menunjukkan calon-calon Shiah memenangkan 130 kursi dalam parlemen dengan 275 kursi itu. Hasil final diharapkan bulan depan.

Di kota Irbil, Irak utara, seorang tokoh utama Shiah, Abdul Aziz al-Hakim, bertemu dengan para pemimpin Kurdi untuk membahas rencana bagi pembentukan pemerintahan koalisi. Para pejabat mengatakan al-Hakim juga akan melangsungkan perundingan dengan para pemimpin Arab Sunni pekan ini. Sementara itu, pihak berwenang di Karbala mengatakan mereka telah menemukan kuburan yang diduga berisi kerangka jenazah setidaknya 20 korban penumpasan tahun 1991 terhadap Shiah Irak.

Sementara, pemerintah Polandia mengatakan pihaknya hendak mempertahankan tentara di Irak hingga akhir 2006, mengubah rencana pemerintah sebelumnya untuk penarikan mundur segera. Juga pada hari Selasa, Ukraina menyelesaikan penarikan mundur dari Irak.

XS
SM
MD
LG