Tautan-tautan Akses

Pasukan Keamanan Indonesia Siaga Penuh Dari Kemungkinan Serangan Teroris


Penjagaan keamanan sangat ketat di Indonesia pada saat perayaan Malam Natal mulai berlangsung hari ini, sementara timbul kekhawatiran bahwa para teroris mungkin akan melakukan serangan dalam masa perayaan ini.

61-ribu anggota keamanan dikerahkan di seluruh Indonesia dalam waktu dua pekan mendatang untuk melindungi gereja-gereja dan tempat-tempat lain yang mungkin akan diserang teroris. Para pejabat mengatakan, di Jakarta saja, mereka akan mengerahkan sekitar 17-ribu petugas keamanan.

Para pejabat khawatir kelompok Muslim ekstremis Jemaah Islamiyah mungkin akan memanfaatkan saat Hari Raya Natal dan Tahun Baru untuk melakukan pembalasan atas terbunuhnya Azahari Husin bulan lalu. Azahari Husin adalah ahli pembuat bom kelompok Jemaah Islamiyah.

Kepala kepolisian Jakarta Firman Gani mengatakan ada tanda-tanda bahwa kaum militan teroris mungkin akan mengubah taktik mereka, yakni dengan melemparkan bom yang lebih kecil ke tempat-tempat umum, jadi tidak dengan cara meledakkan bom dalam mobil dan ransel.

Pemboman gereja-gereja di Indonesia pada Malam Natal lima tahun lalu menewaskan 19 orang. Para pejabat menduga kelompok Jemaah Islamiyah yang melakukan serangan-serangan itu.

XS
SM
MD
LG