Tautan-tautan Akses

Senat Amerika Setuju Memperpanjang UU Patriot Selama 6 Bulan


Senat Amerika setuju untuk memperpanjang undang-undang Patriot untuk masa enam bulan supaya para anggota DPR punya cukup waktu untuk membahas bagian-bagian undang-undang itu yang dianggap kontroversial. Senat Amerika menyetujui langkah tersebut dalam pemungutan suara Rabu malam kemarin. DPR Amerika kini harus mensahkan undang-undang itu sebelum diajukan ke Presiden Bush untuk ditanda-tangani, tetapi belum jelas kapan DPR akan melakukan hal itu.

Sebelumnya hari Rabu kemarin, 52 orang senator dari partai Republik dan partai Demokrat mengirim surat ke Pemimpin Kelompok Mayoritas Bill Frist, meminta agar undang-undang itu diperpanjang selama tiga bulan. Frist dan Presiden Bush menolak permintaan tersebut.

UU patriot tadi diberlakukan setelah terjadinya serangan 11 September di Amerika dan memberikan kekuasaan luas kepada pemerintah untuk memata-matai dan memantau percakapan telpon serta hubungan elektronik lainnya. UU itu akan habis masa berlakunya tanggal 31 Desember, kecuali diperpanjang oleh kongres.

XS
SM
MD
LG