Tautan-tautan Akses

Delegasi Konferensi Perubahan Iklim di Montreal Sepakat Lanjutkan Pembicaraan


Sesudah perundingan yang diperpanjang sampai hari ke-13 dan secara tidak dijadwalkan, para delegasi ke Konferensi PBB di Montreal mengenai Perubahan Iklim telah sepakat untuk mengadakan pembicaraan lagi tentang usaha jangka panjang guna mengurangi gas-gas yang mengakibatkan naiknya suhu global.

Para pejabat mencapai persetujuan Sabtu pagi ini sesudah terus berunding sampai larut malam, tanpa mencapai persetujuan mengenai kerangka pembicaraan untuk membatasi pencemaran gas-gas yang meningkatkan suhu bumi. Pembicaraan macet karena Amerika tidak menyetujui usul Kanada untuk pembicaraan masa depan mengenai masalah tersebut. Namun, pimpinan delegasi Amerika Harlan Watson mengatakan para delegasi terus berunding untuk mencapai persetujuan itu.

Sebelumnya hari ini, mantan Presiden Amerika Bill Clinton mengatakan alasan pemerintahan Bush “sama sekali salah” bahwa pembatasan gas-gas yang menyebabkan peningkatan suhu global akan merusak ekonomi Amerika.

Presiden Bush menarik diri dari Perjanjian Kyoto tahun 2001 dengan alasan pembatasan gas-gas penyebab peningkatan suhu akan merugikan Amerika karena negara-negara berkembang tidak diharuskan mematuhi pembatasan yang sama.

XS
SM
MD
LG