Tautan-tautan Akses

Republik Checnya Langsungkan Pemilu Parlemen Pertama Sejak 1999


Republik Checnya di Rusia Selatan hari ini melangsungkan pemilihan umum parlemen pertama, sejak Moskow menguasai kembali wilayah itu dari muslim separatis tahun 1999.

Rakyat pemilih akan memilih diantara 350 calon untuk mengisi 58 kursi di majelis lokal. Ribuan anggota pasukan keamanan Rusia ditugaskan untuk menjaga ketertiban, tetapi kelompok-kelompok hak azasi internasional mengatakan republik itu masih terlalu kacau untuk menyelenggarakan pemilu yang bebas dan jujur.

Para pejabat Kremlin telah memuji pemilu yang berlangsung hari Minggu itu sebagai langkah lanjutan kearah mewujudkan perdamaian dan stabilitas di Chechnya yang telah mengesahkan sebuah konstitusi dan melangsungkan dua kali pemilihan presiden dalam dua tahun terakhir.

Banyak analis telah mengecam referendum konstitusi dan pemilihan presiden itu sebagai cacat. Setelah perang selama 10 tahun, Chechnya masih didera kekerasan skala rendah setiap hari, tingkat pengangguran tinggi, kurangnya program sosial dan layanan kebutuhan air dan listrik yang terbatas.

XS
SM
MD
LG