Tautan-tautan Akses

Presiden Kenya Mengaku Kalah Dalam Referendum Konstitusi Baru


Presiden Kenya , Mwai Kibaki telah mengaku kalah dalam referendum mengenai konstitusi baru yang diusulkan. Dalam pidato yang disiarkan melalui televisi hari ini, Presiden Kibaki mengatakan pemerintahnya akan menghormati keputusan rakyat.

Ia juga mengucapkan selamat kepada rakyat Kenya atas partisipasi mereka dalam pemilu dengan damai. Presiden Kibaki mengisyaratkan bahwa desakannya bagi konstitusi baru telah selesai, dengan mengatakan sekarang tiba waktunya bagi rakyat Kenya untuk memfokuskan kembali energi mereka pada pembangunan.

Komisi pemilihan negara itu mengatakan, rakyat Kenya menolak konstitusi baru dengan hasil suara 57 banding 43 dalam pemungutan suara hari Senin lalu. Para pemilih yang datang ke tps-tps memberikan suara kurang lebih 52 persen.

Para pejabat mengatakan pemilu berjalan lancar, meskipun terdapat laporan terjadinya kecurangan di sana-sini. Paling sedikit 8 orang tewas dalam kampanye sebelum pemilu. Para pengecam konstitusi baru itu, yang didukung oleh Presiden Kibaki mengatakan, terlalu sedikit usaha untuk membatasi kekuasaan Presidsen yang sangat besar dan memperlemah kedudukan perdana menteri yang baru diumumkan.

XS
SM
MD
LG