Tautan-tautan Akses

WHO: Banyak Rakyaat Cina yang Mungkin akan Terinfeksi oleh Virus Flu Burung


Organisasi Kesehatan Dunia WHO memperingatkan bahwa lebih banyak rakyat Cina yang mungkin akan terinfeksi oleh virus flu burung. Peringatan hari ini dikeluarkan sehari setelah Cina mengukuhkan dua kasus manusia pertama yang berpotensi terkena virus maut H5N1. Wakil W-H-O di negara itu bernama Henk Bekedam mengatakan hari ini dia berbesar hati dengan usaha pemerintah Cina memerangi penyakit tsb, tetapi, menurutnya, Cina masih menghadapi tantangan besar.

Dia menandaskan populasi tahunan unggas Cina adalah sekitar 14 milyar ekor, dan kesulitan tertumpu karena sebagian besar unggas yang berjumlah 70 persen diternakkan di halaman belakang rumah penduduk. Beijing telah berjanji akan memberi vaksin kepada semua unggas peliharaan untuk mencegah flu burung.

Sementara itu, departemen Kesehatan Indonesia mengatakan 2 gadis meninggal dunia pekan lalu karena flu burung. Vaksin H5N1 telah mengklaim 60 korban jiwa di Asia sejak tahun 2003. Para ilmuwan khawatir virus tsb dapat bermutasi dan menular antara sesama manusia.

XS
SM
MD
LG