Tautan-tautan Akses

Condoleezza Rice akan Bertemu dengan Pemimpin Israel dan Palestina


Menteri Luar Negeri Amerika Condoleezza Rice hari ini akan bertemu dengan pemimpin Israel dan Palestina dalam upaya menghidupkan kembali proses perdamaian yang macet.

Berbicara di Yerusalem hari Minggu kemarin, Rice mengatakan, kemajuan demokrasi dan meningkatnya perlawanan terhadap terorisme kini membuat perdamaian Timur Tengah harapan yang realistik.

Katanya, perdamaian bisa dicapai selama Israel tidak mengambil tindakan yang mengutip kata-katanya, “merupakan putusan mendahului penyelesaian akhir” dengan pihak Palestina, dan jika negara itu berusaha memperbaiki kehidupan sehari-hari rakyat Palestina. Dia juga mengatakan pihak Palestina harus memajukan reformasi demokratis sementara memerangi terorisme dan kekerasan melawan hukum.

Sementara itu, utusan internasional bagi perdamaian Timur Tengah John Wolfensohn mengatakan, waktunya hampir habis bagi Israel dan Palestina untuk mencapai kesepakatan mengenai pembukaan perbatasan Jalur Gaza dengan Mesir.

Israel menutup perbatasan Rafah tak lama menjelang penarikan dari Gaza bulan September. Pihak Palestina mengatakan, pembukaan perbatasan itu sangat penting bagi perekonomian Gaza yang hancur.

XS
SM
MD
LG