Tautan-tautan Akses

Parlemen Inggris Menolak RUU Anti-Terorisme Usulan PM Blair


Parlemen Inggris telah menolak rancangan undang-undang anti-terorisme penting yang diajukan pemerintah, yang sedianya akan mengizinkan penahanan tersangka tanpa dikenakan dakwaan selama sampai 90 hari.

Para pembangkang dari Partai Buruh Perdana Menteri Blair yang memerintah menyertai anggota parlemen oposisi dalam mengalahkan rancangan undang-undang itu, dan sebagai gantinya menyetujui perpanjangan penahanan yang sekarang 14 hari menjadi 28 hari.

Hasil pemungutan suara, 322 lawan 291 merupakan kekalahan besar pertama Blair sejak dia memegang jabatan delapan tahun yang lalu. Pemerintah bahkan memanggil pulang menteri keuangan Gordon Brown dan menteri luar negeri Jack Straw dari lawatan ke luar negeri untuk mengerahkan dukungan suara di Majelis Rendah.

Mayoritas Partai Buruh di parlemen berkurang menjadi hanya 66 kursi sesudah pemilu bulan Mei, dengan sebagian besar ketidakpuasan pemilih terfokus pada keputusan Blair untuk melibatkan Inggris dalam perang yang dipimpin Amerika Serikat di Irak.

XS
SM
MD
LG