Tautan-tautan Akses

Wen Jabao: Cina Menghadapi Ancaman Serius Flu Burung


Perdana Menteri Cina Wen Jibao mengatakan negaranya menghadapi ancaman serius flu burung, dan bahwa penyakit itu di negaranya berada dalam keadaan tidak terkontrol, meskipun usaha nasional telah dilakukan untuk mengatasinya.

Kantor berita resmi Cina, Xinhua, Rabu ini, mengutip Wen yang mengatakan pemerintah-pemerintah daerah setempat harus meningkatkan usaha untuk menghentikan penyebaran virus itu. Ia berbicara di Propinsi Liaoning, Cina Timur Laut, salah satu dari beberapa kawasan di Cina yang dilaporkan mengalami wabah hebat flu burung di kalangan populasi unggas.

Sementara itu pabrik obat yang diduga paling manjur melawan flu burung mengatakan perusahaan itu telah bersedia mengizinkan Vietnam untuk memulai pembuatan obat tersebut.

Para pejabat perusahaan farmasi raksasa, Roche, mengatakan Vietnam akan mulai memproduksi Tamiflu secepatnya bulan Januari. Vietnam adalah negara yang paling keras dilanda flu burung. Jenis virus ganas H5N1 telah menewaskan 42 orang disana sejak tahun 2003.

Kemarin, Roche berhenti menjual Tamiflu di Cina dan menyerahkan persediaan obat kepada pemerintah di Beijing. Roche mengatakan para pejabat pemerintah adalah dalam kedudukan terbaik untuk memberi tanggapan segera dan menyalurkan Tamiflu.

XS
SM
MD
LG