Tautan-tautan Akses

KTT Negara-Negara Amerika Masuki Hari Kedua di Argentina


Presiden Bush dan para pemimpin lain pada KTT Negara-negara Amerika di Argentina mengadakan pembicaraan hari kedua Sabtu ini mengenai berbagai masalah regional, sesudah sidang pembukaan yang dicemari oleh protes dengan kekerasan di jalan-jalan.

Perdebatan pada hari terakhir KTT di Mar del Plata diduga berpusat pada masalah apakah akan menghidupkan kembali pembicaraan mengenai pembentukan blok perdagangan bebas di hemisfir itu.

Daerah perdagangan bebas negara-negara Amerika selama ini menjadi pusat kebijaksanaan AS di kawasan itu. Tetapi beberapa Negara besar Amerika Latin yang ekonomi mereka kuat– termasuk Brazil, Argentina dan Venezuela – menentangnya. Jumat kemarin, hanya beberapa blok jauhnya dari KTT terjadi demonstrasi protes dengan kekerasan terhadap Presiden Bush dan kebijaksanaannya mengenai perdagangan bebas.

Polisi anti-huru-hara menggunakan gas air-mata terhadap demonstran yang melemparkan bom bakar dan batu, serta membakar gedung-gedung. Puluhan demonstran ditangkap. Sebelumnya, telah berlangsung pawai secara tertib oleh puluhan ribu demonstran.

XS
SM
MD
LG