Tautan-tautan Akses

Calon Baru Hakim Anggota Mahkamah Agung AS


Presiden Bush menominasi hakim Mahkamah Banding Federal, Samuel Alito untuk menjadi hakim anggota Mahkamah Agung. Nominasi itu tampaknya bakal menyulut pertarungan politis dengan fraksi Demokrat yang beroposisi di Kongres.

Dalam ucapannya hari Senin Presiden Bush memuji Alito sebagai berpikiran dan berprinsip adil dan yakin Senat akan terkesan oleh rekor Alito. Tetapi fraksi Demokrat di Senat berjanji akan meneliti sedalam-dalamnya Alito, yang kata mereka mungkin terlalu radikal konservatif.

Seorang senator Demokrat, Charles Schumer mengatakan ada ‘pertanyaan-pertanyaan yang hakiki’ tentang apakah Alito akan melindungi hak golongan minoritas, perempuan dan pekerja. Yang dipertaruhkan dalam pertarungan nanti adalah arah Mahkamah Agung yang sering mengambil keputusan dalam isu-isu yang dipertentangkan sengit seperti aborsi.

Mahkamah yang beranggota sembilan hakim itu dewasa ini terbagi antara liberal dan konservatif dengan hakim moderat Sandra O’Connor sering memberi suara yang menentukan. Jika dikukuhkan oleh Senat, Hakim Alito yang dipandang banyak orang sangat konservatif, akan menggantikan hakim O’Connor.

Presiden Bush hari Senin meminta Senat melakukan pemungutan suara mengenai Alito selambat-lambatnya akhir tahun ini. Namun pemuka-pemuka Senat belum menentukan kapan akan mengadakan sidang dengar pendapat mengenai Alito.

XS
SM
MD
LG