Tautan-tautan Akses

Menlu Rice dan Straw Serukan Tindakan Atas Pembunuhan Hariri


Mentri LN Amerika Condoleezza Rice dan Mentri LN Inggris Jack Straw menyerukan sikap keras terhadap Suriah setelah sebuah laporan PBB menyangkutkan pejabat-pejabat Suriah dalam pembunuhan mantan PM Lebanon Rafik Hariri.

Rice mengatakan laporan PBB itu menunjukkan tanggapan yang tegas dari masyarakat internasional diperlukan. Berbicara dalam wawancara gabungan dengan BBC, Straw menambahkan ada bukti pejabat-pejabat senior Suriah memberikan keterangan tidak benar kepada para penyelidik PBB.

Laporan itu juga mengatakan Suriah hanya memberikan kerjasama yang terbatas dalam penyelidikan itu. Pejabat-pejabat Suriah menyangkal tuduhan-tuduhan itu. Dan hari Ahad, sebuah kelompok politik penting Suriah, Front Nasional Progressif, menolak laporan PBB itu, mengatakan laporan itu didasarkan pada keterangan dari orang-orang yang kurang memiliki kredibilitas.

Kantor berita resmi Suriah melaporkan Presiden Bashar al-Assad mengirim pesan kepada anggota-anggota DK PBB,yang diduga akan mempertimbangkan sanksi terhadap pembunuhan itu.

XS
SM
MD
LG