Tautan-tautan Akses

Bush: Bangsa Palestina Semakin Dekat Miliki Negara


Presiden Bush mengatakan, warga Palestina telah semakin dekat mencapai impian mereka mendirikan negara merdeka. Tetapi masih ada langkah-langkah yang perlu diambil untuk membuat proses perdamaian Timur Tengah bergerak maju.

Keterangan ini diucapkan Bush ketika tampil bersama Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas di hadapan wartawan hari Kamis seusai mengadakan pembicaraan di Gedung Putih. Bush menyebut pembicaraan tersebut ‘baik.’

Kedua pemimpin menggambarkan penarikan Israel dari Gaza sebagai peluang, dan memuji pemilihan Parlemen Palestina akan datang sebagai langkah menuju demokrasi. Bush mengatakan, langkah berikutnya ialah membereskan yang disebutnya ‘kelompok-kelompok bersenjata’ yang mengancam pemilihan itu dan harapan terwujudnya perdamaian abadi antara Israel dan Palestina.

Bush juga mengatakan Israel mesti berhenti membangun permukiman di Tepi Barat, dan kedua pihak perlu membuat kemajuan dalam soal membuka jalur hubungan ke Gaza.

Mahmoud Abbas mengatakan, warga Palestina berniat mencapai perdamaian yang dirundingkan dengan Israel, dan waktunya sudah tiba untuk bergerak cepat ke arah mengadakan perundingan status permanen. Ini adalah pertama kali Bush dan Abbas bertemu sejak Israel bulan lalu mengakhiri 38 tahun pendudukannya di Gaza.

XS
SM
MD
LG