Tautan-tautan Akses

Pesawat India Pertama dengan Suplai Bantuan untuk Korban Gempa Bumi Tiba di Pakistan


Pesawat India pertama dengan suplai bantuan untuk korban gempa bumi di Pakistan tiba hari ini di sebuah pangkalan militer dekat Islamabad, membawa tenda-tenda, obat-obatan dan barang-barang kebutuhan lain. Kemarin, Perdana Menteri India Manmohan Singh mengatakan kepada wartawan bahwa pemerintahnya siap untuk mengirim apapun kebutuhan Pakistan untuk para korban yang selamat dari gempa sabtu lalu yang menghantam wilayah Kashmir yang terbelah penguasaanya.

NATO mengkoordinasikan angkutan udara suplai-suplai bantuan dari Eropa, dengan muatan kapan pertama diperkirakan mencapai Pakistan hari ini. Amerika Serikat mengirimkan lebih banyak lagi pesawat-pesawat pengangkut suplai ke Pakistan. Komando Pusat Militer Amerika mengatakan pesawat C-130 dan C-17 akan membawa 30 angkutan suplai ke sebuah lapangan udara deakat Islamabad.

Militer Amerika juga mengatakan, helikopter-helikopter Amerika juga dikerahkan untuk mengangkut suplai-suplai ke kawasan yang terkena gempa dan mengungsikan orang-orang yang terluka. Amerika telh mengumumkan akan memberikan bantun darurat pendahuluan sebesar 50 juta dolar. Sementara itu PBB telah menyerukan perlunya dana sebesar 272 juta dolar bagi bantuan darurat bencana itu.

XS
SM
MD
LG