Tautan-tautan Akses

Partai Sunni Terbesar Irak Akan Dukung Konstitusi Baru


Salah satu partai politik Sunni terbesar di Irak mengatakan mereka sepakat untuk mendukung konstitusi baru dalam referendum hari Sabtu – setelah mencapai kesepakatan mengenai berbagai konsesi dengan para pemuka Shiah dan Kurdi.

Seorang juru-runding tertinggi di pihak Sunni, dari Partai Islam Irak – mengatakan partai itu akan mengimbau para pemilih untuk menyetujui rancangan konstitusi dalam referendum hari Sabtu.

Tidak jelas apakah partai-partai Sunni lainnya akan mengubah tentangan mereka terhadap konstitusi itu. Tetapi pengumuman itu merupakan perpecahan pertama di kalangan para tokoh Arab Sunni, yang telah berkampanye untuk mengalahkan konstitusi itu.

Pengumuman itu dikeluarkan setelah pembicaraan menit-menit terakhir sewaktu mana kelompok-kelompok terbesar di Irak sepakat untuk mengizinkan parlemen tahun depan mempertimbangkan beberapa amendemen yang mungkin pada dokumen itu. Selama berbulan-bulan, pihak Sunni menentang konstitusi itu karena khawatir akan kehilangan pengaruh berdasarkan sistem federal yang diusulkan.

Amerika Serikat ikut ambil bagian dalam berbagai upaya untuk membuat pihak Suni menyetujui konstitusi itu dengan harapan hal ini akan melemahkan pemberontakan dan memungkinan pemberangkatan tentara asing.

Para pejabat Amerika dan Irak memperingatkan akan peningkatan serangan oleh umumnya pemberontakan Sunni yang hendak merintangi referendum itu. Polisi mengatakan serangkaian serangan hari ini menewaskan setidaknya 40 orang dan melukai puluhan lagi.

XS
SM
MD
LG