Tautan-tautan Akses

Gempat Kuat Guncang Asia Selatan, Seribu Lebih Tewas


Sebuah gempat kuat mengguncang Asia Selatan, dan dikabarkan, ratusan orang tewas di Pakistan, India, dan Afghanistan. Gempa berkekuatan 7,6 pada skala Richter itu terjadi pagi ini, dan berpusat di wilayah Kashmir yang dikuasai Pakistan, kurang dari 100 kilometer dari Islamabad, ibukota Pakistan.

Kerusakan terberat tampaknya terjadi di Pakistan, dimana korban tewas diperkirakan akan mencapai lebih dari seribu orang, dan dimana tanah longsor yang disebabkan oleh gempa itu telah menimbun desa-desa disana.

Presiden Pervez Musharraf telah meninjau kerusakan di Islamabad, dimana sebuah bangunan apartemen bertingkat 10 rubuh. Ia menyebut gempa ini sebagai suatu ujian bagi negaranya.

Sementara itu, di wilayah Kashmir yang dikuasai India, para pejabat memastikan lebih dari 150 orang tewas, termasuk tentara yang ditempatkan disepanjang garis genjatan senjata yang membagi wilayah yang dipersengketakan Pakistan dan India ini.

Gempa-gempa susulan yang kuat mengguncang wilayah ini sepanjang hari, dan penguasa disana memperingatkan bahwa kemungkinan lebih banyak lagi bangunan akan runtuh.

Gempa hari ini merupakan yang terkuat yang pernah melanda Kashmir. Pada tahun 1935 sebuah gempa yang sedikit lebih rendah kekuatannya menewaskan lebih dari 30 ribu penduduk.

XS
SM
MD
LG