Tautan-tautan Akses

Pasukan AS Tewaskan Sedikitnya 8 Pemberontak Irak di Baghdad


Para pejabat pemerintah Irak mengatakan paling sedikit 8 pemberontak telah terbunuh dalam bentrokan dengan pasukan AS di Baghdad. Pihak berwenang Irak mengatakan bentrokan itu pecah hari ini setelah pasukan AS masuk ke distrik Shiah di Kota Sadr untuk menahan sekelompok pemberontak yang diduga melancarkan serangan-serangan gerilya. Para anggota milisi yang tewas itu merupakan bagian dari Tentara Mehdi yang setia terhadap ulama radikal Shiah Moqtada al-Sadr. Paling sedikit 5 anggota milisi lainnya terluka dalam bentrokan itu.

Secara terpisah, Pihak kepolisian Irak mengatakan sebuah bom yang dipasang di sebuah sepeda telah meledak hari ini di sebuah pasar yang ramai di kota Hilla, selatan dari Baghdad, menewaskan paling sedikit satu orang serta melukai puluhan lainnya. Dan di bagian tenggara Baghdad, seorang pembom mobil bunuh diri menghantam sebuah konvoi polisi elit Irak, menewaskan paling sedikit 5 komandan dan 2 warga sipil.

Sementara itu, PM Inggris Tony Blair mengatakan pasukan tentara negaranya akan tetap bertahan di Irak selama pemerintah Irak membutuhkan mereka. PM Blair mengatakan kepada radio BBC hari ini bahwa meskipun ia merasa heran mengenai ganasnya perlawanan di Irak, tentara Inggris akan tetap berada di sana sampai tugas mereka selesai. Pada hari Sabtu kemarin, ribuan orang berjalan melakukan demonstrasi di kota London untuk memprotes perang di Irak serta menuntut penarikan tentara Inggris dari Irak. Pertemuan tahunan dari Partai Buruh yang berkuasa di Inggris dimulai di Brighton hari ini. Partai PM Blair itu terpecah atas isu partisipasi Inggris dalam konflik di Irak serta pengiriman tentara yang terus berlanjut sebanyak 8500 tentara ke sana.

XS
SM
MD
LG