Tautan-tautan Akses

Bush Terbang ke Texas Untuk Melihat Persiapan Hadapi Topan Rita


Topan Rita sedang bergerak kearah pantai negara bagian Texas dan Louisiana dan diperkirakan akan menghantam kawasan itu Sabtu pagi ini. Kantor jawatan cuaca nasional melaporkan, topan itu bisa mengakibatkan ombak setinggi enam meter.

Topan Rita saat ini berada 280 km sebelah selatan kota port Arthur di Texas dengan angin yang berkecepatan hampir 200 km per jam. Pejabat setempat telah mendesak hampir dua juta orang yang tinggal di kawasan pesisir supaya mengungsi. Hasilnya, jalan-jalan raya macet total dan banyak penduduk yang berusaha kembali lagi ke rumah masing-masing.

Kata para pejabat, kira-kira 24 orang jompo tewas ketika bis yang mengangkut mereka ke tempat pengungsian terbakar di luar kota Dallas. Kebakaran meluas dengan cepat karena tanki-tanki zat asam yang meledak.

Sementara itu sebuah tanggul di kota New Orleans jebol lagi dan mengakibatkan banjir baru di kawasan yang baru saja ditimpa topan Katrina.

Presiden Bush telah terbang ke negara bagian Texas untuk melihat persiapan menghadapi topan Rita, kemudian dia terbang ke pos komando militer di Colorado untuk memantau topan itu dan melihat proses bantuan yang diperlukan.

XS
SM
MD
LG