Tautan-tautan Akses

Mahmoud Abbas: Perbatasan Gaza-Mesir Ditutup


Pemimpin Palestina Mahmoud Abbas mengatakan perbatasan Jalur Gaza dengan Mesir telah ditutup, mengakhiri banjirnya warga Palestina selama sepekan ini yang memasuki Mesir setelah penarikan Israel dari Gaza.

Setelah memeriksa perbatasan hari Ahad, pemimpin Palestina Abbas mengatakan kepada radio Palestina bahwa kekacauan telah diselesaikan. Pengamanan perbatasan menjadi berantakan hari Senin lalu, setelah tentara Israel terakhir meninggalkan kawasan itu.

Selama sepekan kemudian, ribuan warga Palestina menyeberang masuk ke wilayah Mesir tanpa diperiksa. Juga hari Ahad, gerakan militan Hamas melancarkan rapat raksasa di Kota Gaza.

Ribuan militan dan para pendukung mereka mendengarkan pemimpin-pemimpin mereka yang berjanji kelompok itu tidak akan menyerahkan senjata mereka sebelum Israel diusir dari seluruh tanah Palestina.

Hamas menyatakan bertanggung-jawab atas sebagian besar serangan terhadap sasaran-sasaran Israel sejak pemberontakan Palestina terakhir menentang pendudukan Israel dimulai pada tahun 2000.

XS
SM
MD
LG