Tautan-tautan Akses

Iran Tawarkan Teknologi Nuklir Pada Negara Muslim


Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengatakan negaranya siap berbagi teknologi nuklir dengan negara muslim lain. Tawaran ini diberitakan kantor berita Iran hari Kamis, dan dikatakan bahwa yang ditawarkan adalah teknologi nuklir untuk tujuan damai.

Amerika menuduh Iran hendak mengembangkan senjata nuklir. Sebab itu Amerika berusaha membawa persoalan nuklir Iran itu kepada Dewan Keamanan PBB untuk kemungkinan mengenakan sanksi terhadap Iran.

Uni Eropa telah mengemukakan kemungkinan berbuat serupa. Iran menyatakan konversi uranium yang terus dilakukannya adalah untuk membangkit tenaga listrik.

Dalam ucapan yang tampaknya merujuk pada Iran, perdana menteri Israel, Ariel Sharon mengemukakan dalam sidang Majelis Umum PBB hari Kamis bahwa ada satu negara di badan dunia tersebut yang hendak melenyapkan Israel dari peta bumi, dan tindakan negara dimaksud melengkapi diri dengan senjata nuklir sudah semestinya mengkhawatirkan tiap orang yang menghendaki perdamaian.

Presiden Mahmoud Ahmadinejad mengatakan ia akan mengemukakan usul baru guna memecahkan persoalan nuklir negaranya dalam pidatonya di Sidang Majelis Umum PBB hari Sabtu.

XS
SM
MD
LG