Tautan-tautan Akses

KTT PBB Serukan Perangi Terorisme dan Reformasi Berlingkup Luas


Konferensi tingkat tinggi para pemimpin dunia dibuka di PBB dengan seruan memerangi terorisme dan menerapkan reformasi berlingkup luas. Di sidang Majelis Umum hari ini, Sekretaris Jenderal Kofi Annan mengatakan negara-negara anggota PBB belum melakukan reformasi fundamental yang perlu agar badan dunia itu tetap efektif.

Katanya para pemimpin dunia mengawalinya dengan baik dengan dokumen yang menetapkan komitmen baru PBB untuk mengentaskan kemiskinan dan menghentikan genosida. Tetapi katanya adalah tidak dapat dimaafkan bahwa dokumen itu tidak menyertakan ketetapan mengenai larangan penyebarluasan dan perlucutan senjata nuklir.

Presiden Bush membuat seruan sendiri mengenai reformasi. Dia mengatakan PBB harus bersih dari korupsi. Dan katanya PBB tidak akan dihormati jika membiarkan apa yang dia sebut “negara pelanggar HAM yang tersohor” duduk dalam Komisi Hak Asasi Manusia PBB. Dia tidak menyebut negara tertentu.

Sesudahnya, Dewan Keamanan mengeluarkan resolusi yang menyerukan pemerintah-pemerintah dunia mengeluarkan undang-undang larangan menghasut terorisme. Presiden Bush yang untuk pertama kali tampil di sidang Dewan Keamanan mengatakan negara-negara harus berusaha sekuat daya untuk mencegah perencanaan dan dukungan bagi tindakan terorisme. KTT di New York itu mempertemukan para kepala negara dan kepala pemerintahan dari sekitar 150 negara di dunia.

Sementara itu, Prancis telah mengisyaratkan negara itu akan mendukung langkah mengajukan Iran ke Dewan Keamanan PBB untuk kemungkinan dikenakan sanksi, jika Teheran tidak memenuhi kewajiban non proliferasi nuklir. Perdana Menteri Prancis Dominique de Villepin berbicara di KTT para pemimpin dunia di PBB, tidak menyebut nama Iran. Tetapi katanya pengajuan untuk dikenakan sanksi seperti itu “sah” setelah segala upaya dialog sudah ditempuh. Presiden Bush, dalam pidato di Majelis Umum mengatakan negara-negara yang mensponsori terorisme dan mengupayakan senjata pemusnah massal harus diberi pesan bahwa mereka tidak akan dibiarkan mengancam perdamaian dunia.

Amerika Serikat menuduh Iran menggunakan program nuklirnya untuk membangun senjata atom – tuduhan yang berulang-ulan dibantah Iran. Washington mendesak agar Iran diajukan ke Dewan Keamanan. Uni Eropa telah memperingatkan Iran supaya menghentikan aktivitas pengolahan dan memperkaya uranium atau akan diajukan ke Dewan Keamanan.

XS
SM
MD
LG