Tautan-tautan Akses

Calon Hakim Agung AS: Hakim Bukanlah Politisi


Calon Presiden Bush untuk jabatan Hakim Ketua Mahkamah Agung, John Roberts mengatakan hari Senin bahwa ia berpendapat hakim bukan politisi jadi tidak mempunyai agenda atau program kerja.

Hal ini dikemukakannya dalam awal kesaksiannya hari Senin di depan Komite Kehakiman Senat sekaitan dengan proses pengukuhannya. Ia mengatakan ia akan membuat keputusan berdasarkan preseden hukum dan secara adil menganalisis argumen hukum yang diajukan kepada Mahkamah Agung.

Ketika membuka sidang konfirmasi itu, Ketua Komite Kehakiman Senat – Arlen Specter – mengatakan, Roberts memiliki peluang unik untuk membina citra Mahkamah Agung yang dalam opini luas telah menjadi yang disebutnya ‘lembaga legislatif super.’

Senator John Biden dari Fraksi Demokrat mengatakan ia ingin tahu apakah John Roberts memandang Konstitusi sebagai dokumen yang berkembang atau pada suatu waktu dibekukan. Sidang di dilanjutkan lagi hari Selasa. Jika dikukuhkan oleh Senat, John Roberts yang berumur 50 tahun itu akan menggantikan mendiang Hakim Ketua William Rehnquist.

XS
SM
MD
LG