Tautan-tautan Akses

Palestina Rayakan Keluarnya Israel Dari Gaza


Ribuan warga Palestina hari Senin bergembira keluar dari perkampungan pengungsi yang kumuh di daerah Gaza dan tumpah ke permukiman-permukiman Yahudi yang sudah dikosongkan untuk merayakan berakhirnya pendudukan Israel selama 38 tahun.

Departemen Luar Negeri Amerika menyambut rampungnya penarikan Israel dari Gaza dan memuji kerjasama Israel-Palestina yang memungkinkan penarikan itu. Jurubicara Departemen menghimbau Otorita Palestina agar menegakkan ketertiban di wilayah itu.

Perayaan yang hiruk-pikuk di Gaza berlangsung mulai dari Rafah dan Khan Yunis di selatan sampai ke permukiman Yahudi yang sudah kosong di Netzarim dan Dugit. Sejumlah orang dewasa membawa anak mereka untuk menyaksikan kemeriahan itu, sedang yang lain mencari benda yang dapat dijadikan sebagai cinderamata. Ada sebagian petualang yang berjemur di pantai yang selama puluhan tahun hanya untuk para pemukim Yahudi.

Pihak berwajib menyatakan, karena belum terbiasa dengan ombak Laut Mediteran hari itu lima pemuda Palestina tenggelam. Di tempat lain – tim kesehatan Palestina menerangkan seorang Palestina tewas dan tiga luka-luka akibat tembakan ketika masa yang merayakan kepergian Israel itu membludak dan tumpah sampai menembus perbatasan masuk ke dalam wilayah Mesir.

XS
SM
MD
LG