Tautan-tautan Akses

Wakil Presiden Cheney Tinjau Daerah Bencana


Wakil Presiden Amerika, Richard Cheney hari Kamis meninjau daerah pesisir Amerika di Teluk Meksiko yang diterjang topan Katrina, sementara Presiden Bush berjanji akan mempermudah korban yang terpukul hebat untuk mendapat bantuan. Kamis petang Cheney singgah di Gulfport, Mississippi meninjau kawasan penduduk yang binasa dan menemui pejabat-pejabat setempat. Ia juga mengunjungi New Orleans dan mengatakan akan ‘merupakan tantangan luar biasa’ untuk membangun kembali kawasan yang binasa.

Sementara itu Presiden Bush mengatakan 400 ribu keluarga yang telah terdaftar pada FEMA ataun Badan Bantuan Darurat Pemerintah Federal untuk mendapat bantuan dan masih ada puluhan ribu lagi yang perlu mendaftar. Ia juga memaklumkan tanggal 16 September sebagai Hari Nasional untuk berdo’a dan mengenang korban Katrina.

Presiden Bush dan FEMA oleh sementara kalangan dikecam keras karena dipandang lambat dalam menolong korban topan itu. Jajak pendapat baru menunjukkan dua-pertiga orang Amerika berpendapat Presiden Bush dapat berbuat lebih banyak untuk meringankan penderitaan korban setelah topan itu. Kurang lebih 150 orang termasuk pengungsi Katrina hari Kamis berkumpul di Gedung Putih memprotes cara presiden menangani bancana alam itu.

Sementara, Dewan Perwakilan Rakyat Amerika telah menyetujui permintaan Presiden Bush akan bantuan tambahan sebesar 51,8 miliar dolar bagi operasi darurat menolong korban Katrina. Senat diharapkan dalam waktu dekat menyetujui tambahan itu. Pekan lalu Presiden Bush menandatangani paket bantuan 10,5 miliar dolar. Dalam pada itu – ribuan anggota polisi dan Garda Nasional mendatangi tiap rumah di New Orleans untuk sepenuhnya mengosongkan kota itu. Sebagian penduduk mengungsi dengan sukarela, sementara yang berwajib mendesak yang lain untuk mematuhi perintah wajib supaya keluar dari kota itu.

Beberapa ribu penduduk tetap berkeras tinggal di rumah masing-masing meskipun air yang membanjiri kota itu telah tercemar dan kebakaran terjadi di sana-sini. Pihak berwajib juga menemukan bertambah mayat selagi air terus dipompa keluar dari kota itu. Jumlah resmi yang tewas akibat Katrina masih di bawah 300 orang, namun bisa mencapai ribuan di New Orleans apabila semua sudah ditemukan dan dihitung. Pejabat Dinas Kesehatan Louisiana mengatakan, FEMA telah menyediakan 25 ribu karung mayat siap untuk dipakai apabila diperlukan.

XS
SM
MD
LG