Tautan-tautan Akses

Harga Minyak Dunia Turun Setelah Keputusan Penggunaan Cadangan Minyak Strategis


Harga minyak dunia yang melonjak sepekan ini menurun Jumat kemarin , sesudah Badan Energi Internasional menggunakan minyak cadangan strategis untuk mengatasi terhentinya operasi pengolahan minyak karena topan Katrina.

Cuaca buruk menghentikan operasi anjung minyak di Teluk Mexico dan fasilitas penyulingan di sepanjang pantai bagian selatan AS, sehingga mengurangi persediaan minyak dan menaikkan harganya. Pengumuman Jumat kemarin segera berdampak positif. Di Bursa New York, di mana topan Katrina menyebabkan naiknya harga minyak 2,6 sepersen pekan ini, harga minyak turun 2,3 persen dalam beberapa jam.

Badan Energi Internasional mengatasi kebutuhan minyak AS dan 25 negara konsumen minyak lainnya yang memiliki minyak cadangan untuk keadaan darurat, akan memompa 2 juta barrel minyak sehari ke pasar dunia. Para anggota Badan Energi Internasional akan menggunakan bensin cadangan selama diperlukan, karena masalah saluran minyak dan penyulingan pekan lalu mengurangi persediaan bensin AS. Progam itu akan berlanjut sedikitnya 30 hari. Menurut badan tadi, dewan direksinya akan bertemu dalam dua pekan ini untuk menilai situasi itu.

XS
SM
MD
LG