Tautan-tautan Akses

THE PRINCETON RIEVEW: RENGKING PERGURUAN TINGGI AMERIKA


Sekarang ini adalah saatnya para siswa di Amerika kembali masuk sekolah setelah libur musim panas selama tiga bulan. Ini juga saatnya diterbitkan rengking perguruan tinggi terbaik di Amerika. Princeton Reivew telah menerbitkan daftar 361 Perguruan Tinggi Terbaik di Amerika edisi tahun 2006. untuk edisi yang ke-14 ini, Princeton Review mencakup profil sepanjang dua halaman untuk setiap perguruan tinggi, yang diseleksi dari sekitar 3500 perguruan tinggi di Amerika.

Princeton Review menyebut Reed College sebagai perguruan tinggi yang menawarkan pengalaman akademis terbaik bagi mahasiswa S1 di seluruh Amerika. Reed College yang terletak di kota Portland, Oregon, memiliki sekitar 1300 mahasiswa. Perguruan tinggi ini dinyatakan sebagai yang terbaik berdasarkan kualitas para mahasiswa, tingkat pengajaran, dan beban akademis.

Mahasiswa tahun terakhir Reed College, Beverly Lau yang mengambil jurusan fisika mengatakan, yang istimewa di Reed College adalah tingginya semangat belajar para mahasiswanya.

Kata Beverly Lau: “Semua mahasiswa sangat menyukai bidang studi mereka. Umumnya, tujuan mahasiswa kuliah adalah untuk lulus dengan gelar sarjana. Di sini berbeda. Mahasiswa ingin belajar sebanyak-banyaknya.”

Rengking Princeton Rivew sering sangat berbeda dengan panduan-panduan kampus yang lain. Robert Franek yang memimpin penyusunan Princeton Review mengatakan, itu adalah karena cara pengumpulan data yang juga berbeda.

Katanya: “Yang unik mengenai Princeton Review adalah bahwa panduan ini disusun berdasar keterangan yang diberikan sekitar 110 ribu mahasiswa yang mengikuti survei yang kami lakukan melalui PrincetonReview.com. Jadi kami menanyakan langsung kepada para pakar mengenai perguruan tinggi, yaitu para mahasiswa di ruang kuliah. Dalam survei seluruhnya ada 70 pertanyaan yang menyangkut segala sesuatu yang mempengaruhi mutu kehidupan kampus.”

Institut Teknologi Massachusetts, MIT, tahun ini dinyatakan sebagai perguruan tinggi yang paling selektif, dengan hanya menerima 16 persen calon mahasiswa yang memiliki kualifikasi sangat tinggi. Fokus MIT pada sains dan teknologi, menurut Robert Franek, mencerminkan tren yang lebih luas di perguruan-perguruan tinggi di Amerika sekarang ini.

Robert Franek mengatakan: “Banyak siswa SMA yang mencari perguruan tinggi terfokus pada pengalaman praktis, banyak yang ingin magang pada tahun pertama kuliah, dan mereka terfokus pada mata-mata kuliah praktis.”

Salah satu kategori rengking adalah bidang yang paling ditakuti para administratur perguruan tinggi. Tahun ini, Princeton Reviw menyatakan Universitas Wisconsin di Madison sebagai sekolah pesta nomor satu di Amerika, berdasarkan laporan mahasiswa mengenai penggunaan alkohol dan narkotika, kebiasaan belajar para mahasiswa, dan kepopuleran organisasi mahasiswa dan mahasiswi.

Julukan sebagai ‘party school’ nomor satu se-Amerika ini ditanggapi oleh Susan Crowley dari Pace Project Universitas Wisconsin di Madison: “Rengking ini mengingatkan kami tentang besarnya tugas yang masih kami hadapi. Kami senang karena terjadi perbaikan dalam kultur sekitar kebiasaan minum berlebihan yang dapat merugikan mahasiswa dalam komunitas.”

Pace Project memberi informasi kepada orangtua para mahasiswa mengenai kebiasaan minum beresiko tinggi di kalangan mahasiswa, dan mendukung cara-cara alternatif bagi para mahasiswa untuk bersenang-senang.

Penyusun Princeton Review Robert Franek mengatakan, rengking ini dapat mendorong perubahan di kampus, namun tujuan utamanya adalah membantu mahasiswa memilih perguruan tinggi yang seusai dengan keperluan akademis mereka, dan juga dengan kepribadian mereka.

Bukti kepopuleran Princeton Review dapat dilihat dari meningkatnya minat setiap tahun. Menurut Robert Franek, separuh calon mahasiswa baru di Amerika melihat Princeton Review dalam mencari perguruan tinggi pilihan mereka. (voa/djoko)

XS
SM
MD
LG