Tautan-tautan Akses

Bosnia Herzegovina Peringati 10 Tahun Pembantaian Kaum Muslim di Srebrenica


Tamu kehormatan dari seluruh dunia hari Senin bergabung dengan puluhan ribu warga Bosnia Herzegovina memperingati 10 tahun pembantaian kaum Muslim di Srebrenica oleh Serbia.

Upacara pemakaman untuk 610 korban yang baru diidentifikasi belum lama ini dilangsungkan di makam, di mana seribu 300 korban lain telah dikuburkan. Delapan ribu lelaki Muslim, dewasa dan anak-anak, tewas dalam pembantaian tahun 1995 itu.

Dalam sebuah pernyataan, Gedung Putih mengatakan, pembantaian itu merupakan kekejaman luar biasa terhadap orang-orang tak berdosa. Di antara yang hadir terdapat Richard Holbrooke, yang memegang peran penting memediasi diakhirinya konflik Bosnia. Mantan diplomat Amerika itu menyebut pembantaian Srebrenica ‘tragedi’, dan kegagalan bagi NATO dan pasukan perdamaian PBB.

Menlu Inggris Jack Straw mengeluarkan pernyataan senada dan mengatakan, ‘kekejian ini berlangsung di depan mata, dan kita tidak berbuat apa-apa.’

Presiden Serbia Boris Tadic juga menghadiri upacara itu meskipun dikecam keras oleh kaum Nasionalis Serbia. Pembantaian tahun 1995 itu dianggap sebagai kekejaman paling parah di Eropa sejak berakhirnya Perang Dunia 2.

XS
SM
MD
LG