Tautan-tautan Akses

Presiden Rusia Dan Cina Langsungkan Pembicaraan di Luar Kota Moskow


Presiden Rusia Vladimir Putin telah bertemu dengan Presiden Cina Hu Jintao untuk pembicaraan mengenai hubungan militer dan ekonomi. Kedua presiden melangsungkan pembicaraan informal di luar kota Moskow hari Kamis di tempat kediaman pemimpin Rusia itu di Novo-Ogarevo.

Presiden Putin mengumumkan bahwa Rusia dan Cina akan menyelenggarakan latihan militer bersama akhir tahun ini. Presiden Hu Jintao tiba di Rusia hari Kamis pada permulaan kunjungan selama empat hari yang bertujuan memperkokoh hubungan bilateral. Ia akan mengadakan pembicaraan hari kedua dengan Presiden Putin hari Jumat.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan Rusia dan Cina telah membuat apa yang disebutnya kemajuan besar dalam hubungan bilateral, selagi ia melangsungkan pembicaraan dengan Presiden Cina Hu Jintao. Prersiden Putin menyambut Presiden Hu di Moskow hari Kamis, dengan mengatakan lawatannya selama empat hari akan memberi nafas segar bagi hubungan bilateral. Presiden Hu mengemukakan dalam beberapa tahun ini, Moskow dan Beijing telah menyelesaikan sengketa perbatasan mereka dan meningkatkan kerja sama di bidang-bidang ekonomi, budaya dan energi. Presiden Putin juga hari Kamis mengumumkan Rusia dan Cina akan segera melangsungkan latihan militer pertama setelah bertahun-tahun.

Cina berharap untuk memperoleh minyak dari tetangganya yang kaya-minyak supaya tidak terlalu bergantung pada minyak dari Timur Tengah. Presiden Hu diduga akan mendesak dibangunnya saluran pipa minyak Rusia ke Cina.

XS
SM
MD
LG