Tautan-tautan Akses

Bush Dukung Upaya Vietnam Untuk Menjadi Anggota WTO


Presiden Bush mengatakan Amerika mendukung upaya Vietnam untuk menjadi anggota Organisasi Perdagangan Dunia disingkat WTO. Keanggotaan WTO termasuk salah satu dari beberapa isu yang dibahas Presiden Bush dan Perdana Menteri Phan Van Khai dalam pertemuan di Gedung Putih hari Selasa.

Dalam pernyataannya kemudian kepada para wartawan, Presiden Bush berterima kasih kepada Perdana Menteri Khai atas bantuan pemerintahnya dalam upaya mencari orang Amerika yang hilang semasa Perang Vietnam Bush juga mengumumkan ia akan berkunjung ke Vietnam tahun depan.

Sementara, sekitar 200 orang berdemo di luar Gedung Putih, dengan mengatakan Washington seharusnya tidak membantu Veitnam menjadi anggota WTO kecuali jika negara itu memperbaiki rekor HAM-nya.

Presiden Bush memberitahu para wartawan ia dan Perdana menteri Khai menanda-tangani kesepakatan untuk memperbesar kebebasan beragama di Vietnam. Tetapi Gedung Putih kemudian menjelaskan bahwa Presiden Bush merujuk pada kesepaktan yang ditanda-tangani kedua negara di Hanoi tanggal 5 Mei. Lawatan Perdana Menteri Khai ke Amerika ini merupakan yang pertama kali dilakukan oleh seorang pemimpin Vietnam sejak akhir Perang Vietnam 30 tahun lalu.

XS
SM
MD
LG