Tautan-tautan Akses

Bush Tegaskan Kembali Dukungan AS Bagi 'Peta Jalan' Perdamaian Timur Tengah


Presiden Bush telah menegaskan kembali dukungan Amerika bagi rancangan “peta jalan” perdamaian Timur Tengah, dan menyerukan agar pihak-pihak di kawasan itu mengambil langkah-langkah konkrit kearah penerapannya.

Bush dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas berbicara dengan wartawan hari ini sesudah pembicaraan di Gedung Putih. Bush memuji Abbas karena menolak terorisme, dan mengatakan Amerika Serikat akan berdiri di belakang dalam upayanya memberantas korupsi dalam tubuh Otoritas Palestina dan me-reformasi dinas-dinas keamanan Palestina.

Bush mengatakan, rencana Israel untuk menarik diri dari Jalur Gaza merupakan “kesempatan nyata” dan ia menjanjikan 50 juta dollar untuk membantu Otoritas Palestina membangun kembali perumahan dan prasarana di Gaza. Presiden Bush mengatakan, Israel harus menghentikan perluasan permukiman di wilayah-wilayah yang direbut dalam Perang Timur Tengah tahun 1967.

Dalam komentarnya, Abbas mengutarakan “keprihatinan yang dalam” atas aktivitas permukiman itu dan menyerukan agar Israel membebaskan orang-orang Palestina yang dipenjarakan Israel.

XS
SM
MD
LG