Tautan-tautan Akses

Putusan Hakim Untuk Khodorkovsky Dibacakan


Mahkamah Rusia sudah mulai membaca bagian akhir surat putusan hakim terhadap pendiri perusahaan minyak Rusia Yukos, Mikhail Khodorkovsky, dan para pembelanya mengatakan, tampaknya ia akan dinyatakan bersalah menghindari pajak.

Sebegitu jauh, hakim menyimpulkan bahwa Khodorkovsky melakukan beberapa kejahatan. Vonis akhir diduga akan dijatuhkan dalam beberapa hari. Kalau dinyatakan bersalah atas semua tuduhan, ia diancam hukuman penjara setinggi-tingginya 10 tahun.

Jaksa penuntut mengatakan, apapun vonisnya, mereka akan mengajukan dakwaan baru menyangkut pemutihan uang. Pengusaha berumur 41 tahun itu menyatakan diri tidak bersalah dan mengatakan, Kremlin mendorong kasus itu karena menganggap dirinya sebagai ancaman, dan karena Kremlin ingin mengambil alih kontrol atas perusahaannya.

Sebagian dari perusahaan itu sekarang berada di bawah kontrol negara, dijual untuk membayar hutang pajak Yukos. Amerika dan negara-negara lain mengatakan, kasus itu semakin mengikis kepercayaan pada komitmen Rusia pada tertib hukum dan pasar bebas.

XS
SM
MD
LG