Tautan-tautan Akses

PBB Mendesak Negara-Negara Bantuan Untuk Menindak-Lanjuti Janji Memberikan Dana


Seorang pejabat Perserikatan Bangsa Bangsa mendesak negara-negara dan kelompok-kelompok bantuan untuk menindak-lanjuti janji mereka untuk memberikan dana bagi usaha bantuan tsunami, dengan menyatakan bahwa biaya rekonstruksi diperkirakan akan mencapai 13 miliar dolar dalam waktu lima tahun mendatang.

Dalam sebuah pertemuan di Bangkok, Thailand, pakar ekonomi Kim Hak Su mengatakan negara-negara yang memerlukan sejauh ini baru menerima kira-kira sepertiga dari 6,7 miliar dolar bantuan yang telah dijanjikan. Dia mengatakan jika negara-negara donor tidak menindak-lanjuti janji mereka, hal itu akan menghambat usaha pemulihan ekonomi daerah-daerah yang rusak akibat bencana tsunami tanggal 26 Desember lalu, yang menewaskan sekurang-kurangnya 180-ribu orang di Indonesia, Srilangka, dan negara-negara lain yang mengitari Samudera Hindia.

Bulan ini Indonesia mulai mendistribusikan sebagian dana tersebut ke kelompok-kelompok yang terlibat dalam usaha rekonstruksi, namun para petugas bantuan menyatakan mungkin diperlukan waktu berbulan-bulan sebelum orang-orang yang selamat dalam bencana itu dapat merasakan pengaruh pendistribusian dana itu.

XS
SM
MD
LG