Tautan-tautan Akses

Perwira Militer AS Penanggung-Jawab Interogasi di Penjara Abu Ghraib Dicopot Dari Jabatannya


Kolonel Amerika Thomas Pappas yang bertanggung-jawab atas interogasi tahanan di penjara Abu Ghraib di Irak, telah dicopot dari jabatannya. Pappas secara resmi dikenai dua tuduhan pelanggaran tugas, tapi tidak akan dikenai tuduhan kriminal.

Kolonel Pappas katanya tidak minta izin atasannya untuk menggunakan anjing-anjing polisi dalam proses interogasi tahanan Irak. Kolonel Pappas adalah perwira tinggi kedua yang dihukum karena skandal Abu Ghraib itu. Jenderal Janis Karpinski minggu lalu diturunkan pangkatnya menjadi kolonel.

Sementara itu, angkatan darat Amerika menawarkan masa dinas yang lebih pendek untuk menarik rekrut baru.

Kata pejabat angkatan darat, para rekrut baru itu bisa menjalankan masa dinas aktif selama 15 bulan saja, dibanding empat tahun seperti yang selama ini diberlakukan. Setelah dinas aktif 15 bulan itu, mereka harus menjadi pasukan cadangan angkatan darat, atau anggota garda nasional, dan kemudian terdaftar selama tujuh tahun sebagai anggota cadangan lepas.

Kata mayor-jenderal Michael Rochelle, ini adalah cara angkatan darat untuk mengatasi kurangnya minat orang untuk menjadi tentara. Dari 80,000 orang rekrut yang diperlukan untuk tahun ini, kurang dari separuhnya yang telah mendaftarkan diri. Kata para pakar, kurangnya minat untuk menjadi tentara itu disebabkan antara lain karena perang di Irak.

XS
SM
MD
LG