Tautan-tautan Akses

Para Kardinal Katolik Melakukan Persiapan Tahap Akhir Upacara Pemakaman Paus


Para kardinal Katolik berhimpun di Vatikan, untuk persiapan tahap akhir upacara pemakaman Seri Paus dan juga untuk memeriksa kalau-kalai Seri Paus mempunyai permintaan tertulis, sebelum ia meninggal dunia hari Sabtu lalu.

Belum diumumkan secara resmi, mengenai pembicaraan para kardinal itu, yang diselenggarakan di balik pintu tertutup, namun sumber-sumber Vatikan menyatakan, pemakaman Seri Paus akan diadakan pukul 10 pagi, waktu setempat.

Selama pertemuan dua setengah jam hari Senin, di istana Vatikan, tempat tinggal seri Paus, para kardinal juga memeriksa dokumen-dokumen seri Paus yang mungkin disiapkannya sebelum ajalnya.

Laporan tersiar di Roma, bahwa seri Paus yang berasal dari Polandia, menghendaki dimakamkan di Polandia, dan tidak di Basilika Santo Petrus, di Roma tempat di mana sebagian besar para seri Paus dimakamkan di Vatikan. Basilika yang besar itu juga makam pendiri gereja Katolik Santo Petrus.

Akhir hari ini pawai khidmad akan membawa jenazah Seri Paus ke Santo Petrus, dari istana di mana I atinggal, dan mengakhiri hayatnya. Ratus ribu orang yang berduka cita datang untuk melihat jenazah Seri Paus dalam waktu beberapa hari ini. Sekitar 100 kepala negara diharapkan akan menghadiri upacara pemakaman Seri Paus.

XS
SM
MD
LG