Tautan-tautan Akses

Pejabat Hamas Dikecam Setelah Serukan Warga Palestina untuk Membunuh Yahudi


Pejabat Hamas Dikecam Setelah Serukan Warga Palestina untuk Membunuh Yahudi
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:03:27 0:00

Seorang anggota senior dari penguasa Islamis Hamas di Gaza telah menghasut warga Palestina di seluruh dunia untuk membunuh orang Yahudi, sehingga mengundang kemarahan baik dari pejabat Israel maupun Palestina, serta juga utusan PBB.

CR: AFP: Israel Palestinians July 15, 2019
Hamas official condemned after calling on Palestinians to kill Jews
PEJABAT HAMAS DIKECAM SETELAH MENYERUKAN KEPADA WARGA PALESTINA UNTUK MEMBUNUH YAHUDI
INTRO:
Seorang anggota senior dari penguasa Islamis Hamas di Gaza telah menghasut warga Palestina di seluruh dunia untuk membunuh orang Yahudi, sehingga mengundang kemarahan baik dari pejabat Israel maupun Palestina, serta juga utusan PBB. Jimmy membawakan laporan berikut.
TEKS:
Dalam video terlihat Fathi Hamad berbicara di hadapan peserta protes mingguan Jumat lalu, dan dia menyerukan warga Palestina di seluruh dunia untuk melancarkan serangan. Fathi Hamad adalah anggota organisasi politik top Hamas.


Sejak Maret 2018, warga Palestina sudah ikut ambil bagian dalam protes yang didukung Hamas dan juga bentrokan di sepanjang perbatasan Gaza – Israel menentang blokade melumpuhkan oleh negara Yahudi itu terhadap wilayah Gaza.
Paling sedikit 295 warga Palestina dan tujuh warga Israel telah tewas dalam kekerasan terkait Gaza sejak itu.
Korban di pihak Israel baru-baru ini meningkat menjadi tujuh setelah seorang perempuan usia 89 tahun yang jatuh ketika berlari ke tempat perlindungan bom selama berlangsung kekerasan pada Mei, dan dia kemudian meninggal akibat cedera yang dideritanya. Demikian menurut Kementerian Luar Negeri Israel.
Hamas digolongkan sebagai organisasi teroris oleh Amerika, Uni Eropa dan pihak-pihak lain.
Ofir Gendelman, jurubicara PM Israel Benjamin Netanyahu, mengatakan, komentar ini memperlihatkan “seperti apa Hamas itu.” Katanya di Twitter, “Kini Anda tahu mengapa kami melindungi perbatasan Gaza dari Hamas.”
Saeb Erekat, sekretaris jenderal dari Organisasi Pembebasan Palestina yang berbasis di Tepi Barat, yang tidak seperti Hamas, telah mengakui Israel, mengecam komentar Hamad tersebut.
“Nilai-nilai adil bagi perjuangan Palestina termasuk kecintaan kepada kebebasan, keadilan, dan kesetaraan. Pernyataan memuakkan dari pemimpin Hamas Fathi Hamad tentang orang Yahudi tidak mewakili hal itu,” demikian bunyi cuitannya.
Utusan PBB Nickolay Mladenov juga mengecam komentar itu, dan mencapnya sebagai pernyataan yang “berbahaya, memuakkan, dan menghasut”! Itu harus dikecam oleh semua pihak.”
Hamas mengambil alih kendali atas Gaza dari Penguasa Palestina pada 2007 dalam sebuah perang saudara.
Israel dan Hamas telah terlibat dalam tiga perang di Gaza sejak 2008.
Israel mengatakan, blokade itu perlu guna mengisolir Hamas dan mencegahnya memperoleh senjata atau bahan untuk membuat senjata.
Pengecam kebijakan Israel mengatakan, ini merupakan penghukuman kolektif terhadap 2 juta penduduk Gaza dan menciptakan kemiskinan yang membuahkan ekstremisme. (JM/AL)
XS
SM
MD
LG