Tautan-tautan Akses

Jeffrey Epstein Tetap Dipenjara Saat Hakim Pertimbangkan Jaminan


Jeffrey Epstein Tetap Dipenjara Saat Hakim Pertimbangkan Jaminan
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:02:59 0:00

Pakar keuangan Jeffrey Epstein akan tetap di balik jeruji untuk saat ini karena seorang hakim federal sedang mempertimbangkan apakah akan memungkinkannya bebas dengan uang jaminan atas tuduhan melakukan pelecehan seksual terhadap anak-anak perempuan di bawah umur.

NEW YORK (AP): US Financier Sexual Misconduct
Jeffrey Epstein tetap dipenjara saat hakim pertimbangkan jaminan
Adaptor: Putu Desy
Editor: Karlina Amkas

-----------------------------------------
((INTRO)) Pakar keuangan Jeffrey Epstein akan tetap di balik jeruji untuk saat ini karena seorang hakim federal sedang mempertimbangkan apakah akan memungkinkannya bebas dengan uang jaminan atas tuduhan melakukan pelecehan seksual terhadap anak-anak perempuan di bawah umur. Hakim mengatakan dia membutuhkan lebih banyak waktu untuk membuat keputusan dalam sidang dengar pendapat hari Senin di New York. Laporan kantor berita Associated Press lebih lanjut mengenai hal ini disampaikan Putu Desy.

((TEXT)) Jaksa federal menyatakan Epstein, usia 66 tahun, yang memiliki banyak koneksi, berisiko melarikan diri ke luar negeri dan berbahaya bagi masyarakat.Menurut jaksa, Epstein harus tetap dipenjara sampai diadili atas tuduhan merekrut dan melecehkan puluhan anak perempuan di bawah umur di New York dan Florida pada awal tahun 2000-an.

Jaksa mengatakan kasus ini semakin kuat dari hari ke hari setelah beberapa wanita menghubungi mereka dalam beberapa hari terakhir untuk mengatakan bahwa Epstein melecehkan mereka ketika mereka masih di bawah umur.

Asisten Jaksa Agung Amerika Serikat Alex Rossmiller juga mengungkapkan Senin bahwa pihak berwenang menemukan "tumpukan uang tunai," "puluhan berlian" dan paspor yang sudah kadaluwarsa dengan foto Epstein dan nama palsu dalam penggerebekan di rumahnya yang besar di Manhattan setelah dia ditangkap pada 6 Juli.

Pengacara Epstein mengatakan dia tidak melakukan kejahatan sejak mengaku bersalah meminta anak di bawah umur untuk tuduhan pelacuran di Florida pada 2008 dan bahwa pemerintah federal mengingkari kesepakatan pembelaan 12 tahun lalu untuk tidak menuntutnya. Pengacara Epstein berencana mengajukan mosi untuk membatalkan kasus itu dan bahwa Epstein seharusnya diizinkan menunggu persidangan sebagai tahanan rumah di dalam rumahnya yang besar di Manhattan, bernilai $ 77 juta, dengan pemantau elektronik.

Dalam pengajuan tertulis pada hari Jumat kepada Hakim Distrik Richard M. Berman, jaksa memberi informasi baru tentang penyelidikan mereka dan mengapa mereka menganggap Epstein berbahaya.

Jaksa mengatakan mereka percaya bahwa Epstein mungkin pernah mencoba mempengaruhi saksi setelah mengetahui bahwa ia telah membayar total $ 350.000 untuk dua orang, termasuk mantan karyawannya, pada tahun lalu. Itu terjadi setelah harian Miami Herald melaporkan kondisi sidang keputusan bersalah di negara bagiannya pada 2008, yang menyebabkannya dijatuhi hukuman 13 bulan penjara dan kesepakatan untuk menghindari penuntutan federal.

Kesepakatan rahasia yang telah 10 tahun itu menyebabkan pengunduran diri Menteri Tenaga Kerja Alexander Acosta minggu lalu. Acosta kembali menuai kritik menyusul penangkapan Epstein atas perjanjian tanpa penuntutan pada tahun 2008 itu yang diketahuinya semasa menjabat jaksa agung Amerika di Miami.

Jaksa mengatakan upaya pengacara menyebut kejahatan Epstein sebagai "prostitusi sederhana" tidak hanya ofensif tetapi juga sama sekali tidak relevan mengingat bahwa undang-undang federal tidak mengenal konsep prostitusi anak - hanya ada korban perdagangan manusia - karena seorang anak tidak dapat secara hukum menyetujui untuk dieksploitasi. [pd/ka]
XS
SM
MD
LG