Tautan-tautan Akses

Pertemuan Tingkat Tinggi di Vatikan Bahas Perlindungan Anak


Pertemuan Tingkat Tinggi di Vatikan Bahas Perlindungan Anak
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:03:02 0:00

Kepala penyelidik kejahatan seksual Vatikan mengatakan Gereja Katolik Roma harus "melanggar aturan bungkam dan kerahasiaan apa pun terkait pelecehan seksual." Dia berbicara menjelang pertemuan puncak empat hari tentang perlindungan anak di bawah umur yang akan dimulai Kamis di Vatikan.

CR Vatican - Sex Abuse Summit
NUMBER: 26756763

INTRO: Kepala penyelidik kejahatan seksual Vatikan mengatakan Gereja Katolik Roma harus "melanggar aturan bungkam dan kerahasiaan apa pun terkait pelecehan seksual." Dia berbicara menjelang pertemuan puncak empat hari tentang perlindungan anak di bawah umur yang akan dimulai Kamis di Vatikan. Dia mengatakan KTT itu akan fokus pada tema tanggung jawab, akuntabilitas, dan transparansi. Laporan wartawan VOA Sabina Castelfranco selengkapnya disampaikan Adriana Sembiring.

TEXT: Uskup Agung Charles Scicluna mengatakan rencana Paus Fransiskus untuk pertemuan itu termasuk meningkatkan kesadaran di antara para pemimpin Gereja tentang pencegahan kekerasan dan pengamanan anak di bawah umur. Dia mengatakan mereka akan berbagi pengalaman dan membahas masalah-masalah seperti akuntabilitas para uskup, tanggung jawab mereka dan transparansi.
Uskup Agung Scicluna mengatakan para hadirin akan memiliki kesempatan selama pertemuan empat hari itu untuk mendengarkan harapan para penyintas pelecehan. Dia mengatakan Paus Fransiskus secara berkala sudah bertemu dengan para korban.

(ACT SCICLUNA )
"Dia menyadari bahwa jika kita berbicara tentang trauma orang yang merasa dikhianati pada tingkat yang paling mendasar, yaitu martabat mereka, kepolosan mereka, iman mereka, Gereja perlu ikut dalam penyembuhan dan tidak mengabaikan trauma itu atau bahkan memperburuknya."

TEXT: Tetapi banyak yang ragu hasil nyata akan muncul. Berbicara di Roma hari Selasa, Anne Barrett Doyle dari kelompok Bishop Accountability, mengatakan banyak yang dipertaruhkan dengan umat Katolik yang berduka dan kecewa di seluruh dunia karena ribuan orang telah mengalami pelecehan seksual oleh para klerus selama beberapa dekade. Dia mengatakan pertemuan itu harus menghasilkan solusi.
(BARRETT DOYLE)
“Hukum kanon harus diubah, bukan disetel, bukan dimodifikasi, tetapi diubah secara mendasar sehingga berhenti memprioritaskan kependetaan para pria yang ditahbiskan daripada kehidupan anak-anak dan orang dewasa yang rentan yang mengalami pelecehan seksual oleh mereka.”

TEXT: Barrett Doyle menambahkan bahwa Gereja tidak dekat dengan memberlakukan reformasi yang harus dilakukan untuk menghentikan epidemi kembar serangan seksual dan kekerasan seksual oleh para pastor.

Phil Saviano, penyintas pelecehan dan anggota dewan Bishop Accountability, mengemukakan pentingnya merilis nama semua pastor dan uskup yang bersalah, apakah mereka sudah dihukum karena pelecehan atau bahkan baru menghadapi tuduhan. Menurutnya, hal itu akan akan sangat berguna bagi keselamatan publik.
XS
SM
MD
LG