Tautan-tautan Akses

AS Mengakui Pemimpin Oposisi Venezuela Sebagai Presiden Sementara


AS Mengakui Pemimpin Oposisi Venezuela Sebagai Presiden Sementara
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:03:12 0:00

Presiden Trump secara resmi mengakui pemimpin oposisi Venezuela Juan Guaido sebagai presiden sementara negara Amerika Selatan itu. Trump mengeluarkan pernyataan setelah majelis nasional Venezuela menyatakan kepresidenan Maduro tidak sah dan Guaido menyatakan dirinya sebagai presiden sementara.

CR US Venezuela
HEAD: AS Mengakui Pemimpin Oposisi Venezuela Sebagai Presiden Sementara
NUMBER: 26444486

((INTRO))
Presiden A.S. Donald Trump secara resmi mengakui pemimpin oposisi Venezuela Juan Guaido sebagai presiden sementara negara Amerika Selatan itu. Trump mengeluarkan pernyataan Rabu setelah majelis nasional Venezuela menyatakan kepresidenan Nicolas Maduro tidak sah dan Guaido menyatakan dirinya sebagai presiden sementara. Laporan wartawan VOA Zlatica Hoke lebih jauh disampaikan Adriana Sembiring.

((NARRATOR))
Ribuan pengunjuk rasa berada di ibukota Venezuela, Caracas, Rabu untuk menuntut diakhirinya rezim Maduro. Beberapa pengunjuk rasa dilaporkan tewas dalam bentrokan semalam dengan polisi.

Pemimpin oposisi Venezuela dan presiden majelis nasional, Juan Guaido, menyatakan dirinya sebagai presiden sementara pada hari Rabu.

((Juan Guaido, Venezuelan Opposition Leader (in Spanish) ))
"Saya bersumpah untuk mengambil alih semua wewenang eksekutif nasional sebagai presiden sementara Venezuela untuk menjamin berakhirnya perebutan kekuasaan dan pemerintahan yang berkhianat dan untuk mengadakan pemilihan umum yang bebas."

((NARRATOR))
Pendukung Maduro juga berunjuk rasa.

((Ismael Ceder, Student (in Spanish) ))
"Kami hari ini di jalan-jalan Caracas membela revolusi Bolivarian yang dipimpin oleh kamerad Nicolas Maduro."

((NARRATOR ))
Mahkamah Agung Venezuela, yang didominasi oleh orang-orang yang setia kepada Maduro, memerintahkan penyelidikan kriminal terkait langkah majelis untuk menggulingkan Maduro.

Trump secara resmi mengakui Guaido sebagai presiden sementara dan memperingatkan rezim Maduro agar tidak membahayakan rakyat Venezuela yang menyerukan perubahan. Ditanya oleh wartawan apakah dia mempertimbangkan opsi militer, Trump mengatakan kepada wartawan:

((Donald Trump, US President))
"Kami tidak mempertimbangkan apa pun, tetapi semua opsi ada di meja."

((NARRATOR))
Sebagai tanggapan, Maduro memutuskan hubungan diplomatik dengan Amerika Serikat dan memerintahkan diplomat Amerika untuk meninggalkan negara itu dalam waktu 72 jam.

((Nicolas Maduro, President of Venezuela (in Spanish) ))
"Saya memutuskan untuk menghentikan hubungan diplomatik dan politik dengan pemerintah imperialis Amerika Serikat."

((NARRATOR))
Beberapa pemimpin regional mengikuti jejak Trump. Presiden Brasil dan Kolombia mendukung Guaido dari Forum Ekonomi Dunia di Swiss.

((Ivan Duque, Colombian President (in Spanish) ))
"Kolombia mengakui Juan Guaido sebagai presiden Venezuela dan mendukung proses transisi menuju demokrasi, sehingga rakyat Venezuela dapat membebaskan diri dari kediktatoran."

((NARRATOR))
Maduro berkuasa setelah kematian pemimpin sayap kiri Hugo Chavez dan mengklaim kemenangan dalam pemilihan ulang tahun lalu, yang dinyatakan pengamat independen sebagai penipuan. Dia memimpin krisis ekonomi yang semakin dalam setelah ambruknya perekonomian negara yang sangat bergantung pada minyak itu. Lebih dari dua juta orang telah meninggalkan negara itu dalam beberapa tahun terakhir di tengah kurangnya kebutuhan dasar seperti makanan dan obat-obatan.
XS
SM
MD
LG