Tautan-tautan Akses

Info Pasar Keuangan dan Bursa Global


Info Pasar Keuangan dan Bursa Global
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:05:18 0:00

Dana Moneter Internasional pada hari Senin menurunkan prospek pertumbuhan ekonomi 2019 untuk Arab Saudi dan kawasan tersebut karena rendahnya harga minyak dan produksi minyak mentah seiring dengan meningkatnya ketegangan geopolitik.

VOA Washington dengan Info Keuangan dan Bursa Global Selasa 22 Januari 2019… bersama saya, Adriana Sembiring.

Ekuitas berjangka AS dan saham Eropa tergelincir pada hari Senin, sementara pasar Asia membukukan kenaikan moderat sementara para investor menimbang laporna-laporan terakhir tentang pertumbuhan ekonomi dan perdagangan global.Berita bahwa IMF memangkas perkiraan pertumbuhan global menjadi yang terlemah dalam tiga tahun - sebagian karena melemahnya permintaan di Eropa – memperburuk sentimen yang sudah suram.

Pasar saham AS tutup Senin karena hari besar Martin Luther King Jr. Day.

Pasar saham London mengakhiri perdagangan hari Senin dengan keuntungan tertipis, tetapi masih mengungguli bursa saham Eropa lainnya yang semua ditutup lebih rendah.

Indeks FTSE 100 di London naik 0,03 persen menjadi 6 ribu 970, Indeks DAX di Frankfurt Jerman turun 0,6 persen, menjadi 11 ribu 136, indeks CAC 40 di Paris turun 0,2 persen, berakhir pada 4 ribu 867.

Sementara itu Senin sore di Asia, pasar saham ditutup lebih tinggi dengan …Indeks Nikkei di Tokyo naik 0,3 persen menjadi 20 ribu 719. Indeks Hang Seng di Hong Kong naik 0,4 persen, berakhir pada 27 ribu 196. Indeks saham gabungan Shanghai menanjak 0,6 persen menjadi 2 ribu 610.

Dalam perdagangan valuta asing di New York Senin sore, euro naik sedikit menjadi 1 dolar 13 sen, Poundsterling juga menguat menjadi 1 dolar 28 sen.... mata uang Jepang menguat untuk pertama kalinya dalam seminggu diperdagangkan pada 119,6 yen per dolar. Mata uang Indonesia menguat menjadi 14 ribu 226 rupiah per dolar.Di bursa komoditi….Harga minyak mentah WTI untuk pengiriman Februari naik 0,2 persen diperdagangkan pada harga 53 dolar 90 sen per barel.

Harga emas di pasar spot turun 0,15 persen menjadi seribu 280 dolar 21 sen per troy ounce. Sekian laporan bursa dan keuangan, saya Adriana Sembiring, VOA Washington

AFP - IMF turunkan prospek pertumbuhan Arab Saudi dan kawasan Timur Tengah


Dana Moneter Internasional pada hari Senin menurunkan prospek pertumbuhan ekonomi 2019 untuk Arab Saudi dan kawasan tersebut karena rendahnya harga minyak dan produksi minyak mentah seiring dengan meningkatnya ketegangan geopolitik.
Dalam laporan World Economic Outlook terbaru untuk Januari, pemberi pinjaman global itu menurunkan proyeksi pertumbuhan produk domestik bruto Arab Saudi tahun ini menjadi 1,8 persen, turun dari 2,4 persen dalam laporan Oktober.
Namun IMF menaikkan perkiraan untuk tahun depan sebesar 0,2 persen, menjadi 2,1 persen. Riyadh telah memproyeksikan pertumbuhan PDB 2,6 persen untuk 2019.
IMF juga menurunkan prospek pertumbuhan 2019 untuk kawasan tersebut termasuk Timur Tengah, Afrika Utara, Afghanistan dan Pakistan hingga 0,3 persen menjadi 2,4 persen.
Lemahnya kenaikan produksi minyak, pengetatan kondisi keuangan di Pakistan, sanksi AS terhadap Iran dan ketegangan geopolitik regional merupakan akar perkiraan tersebut, kata IMF.
Kuwait menyetujui anggaran nasionalnya pada hari Senin, memproyeksikan defisit yang signifikan untuk tahun kelima berturut-turut karena harga minyak yang rendah.
Menteri Keuangan Kuwait Nayef al-Hajraf mengatakan kepada wartawan bahwa anggaran 2019-2020 memproyeksikan kekurangan $ 20,1 miliar, atau 13 persen dari produk domestik bruto.
Harga minyak tetap fluktuatif dalam beberapa bulan terakhir, mencapai $ 55 per barel pada awal Januari.
IMF mengatakan bahwa "pasar menduga harga umumnya tetap pada tingkat itu selama 4-5 tahun ke depan".


AFP - Israel resmikan bandara internasional baru di dekat Laut Merah

Israel meresmikan bandara internasional baru Senin di gurun selatan dengan tujuan meningkatkan pariwisata ke Laut Merah di dekatnya dan berfungsi sebagai alternatif darurat untuk bandara Ben-Gurion di Tel Aviv.
Perdana Menteri Benjamin Netanyahu menghadiri upacara peresmian di terminal yang masih gres itu, tiba dengan penerbangan seremonial pertama ke bandara, yang lokasinya telah membuat negara tetangga, Yordania, kesal.
Awalnya Bandara Ramon hanya akan menangani penerbangan domestik, yang dioperasikan oleh maskapai Israel, Arkia dan Israir.
Tanggal untuk dimulainya penerbangan internasional belum diberikan.
Bandara baru, dinamai Ilan Ramon, astronot pertama Israel yang meninggal dalam kecelakaan pesawat ulang-alik Columbia, pada masa depan menjadi tuan rumah bagi pesawat jumbo dari seluruh dunia.
Yordania, salah satu dari hanya dua negara Arab yang memiliki perjanjian damai dengan Israel, mengkritik bandara baru itu dengan alasan bandara itu akan mengancam wilayah udara kerajaan tersebut.
Kepala Komisi Regulasi Penerbangan Sipil Yordania Haitham Misto mengatakan bandara melanggar "standar internasional mengenai respek terhadap kedaulatan wilayah udara dan teritori negara-negara lain".
XS
SM
MD
LG