Kamis, 24 Juli 2014 Waktu UTC: 17:43

Ajeng Trihapsari dan pelanggan butik busana muslimnya di negara bagian Maryland, Amerika (Screen grab).

Warga Indonesia Berbisnis Busana Muslim di Amerika

Hari Raya Idul Fitri merupakan waktu untuk bersilaturahmi. Inilah waktu bagi warga Muslim untuk berdandan dengan mengenakan busana baru untuk menyambut hari besar itu.

Jelang Lebaran, Warga Texas Kumpulkan Mainan untuk Anak-anak

Dalam perayaan Idul Fitri kali ini, sebuah kelompok Muslim di kota Houston, Texas melakukan kegiatan pengumpulan mainan untuk anak-anak yang disebut Eid Toy Drive. Selengkapnya

Muslim AS Berbisnis Kartu dan Hadiah Lebaran

Seorang perempuan Muslim berusaha memanfaatkan peluang komersial bagi keluarga-keluarga Muslim yang membesarkan anak-anak di Amerika. Selengkapnya

Artikel-artikel Lainnya
 

Video Terbaru

JavaScript Anda dimatikan atau Anda memiliki versi Adobe Flash Player yang lama. Dapatkan Flash Player terbaru.
Hani White, Aktivis Muslim Indonesia di Philadelphiai
X
Rafki Hidayat, Alam Burhanan, Nia Iman Santoso
13.08.2013
Perempuan yang sudah 12 tahun menetap di Philadelphia ini, boleh dibilang adalah duta Muslim Indonesia di kota ini. Hani saat ini menjabat sebagai Presiden Indonesian Greater Community of Philadelphia, organisasi nirlaba yang beranggotakan komunitas Muslim Indonesia di Philadelphia dan kota-kota sekitar. Dia pun aktif diberbagai organisasi nir laba lain yang dijadikannya sarana dan media untuk memperkenalkan Islam kepada publik Amerika.
Video

Video Hani White, Aktivis Muslim Indonesia di Philadelphia

Perempuan yang sudah 12 tahun menetap di Philadelphia ini, boleh dibilang adalah duta Muslim Indonesia di kota ini. Hani saat ini menjabat sebagai Presiden Indonesian Greater Community of Philadelphia, organisasi nirlaba yang beranggotakan komunitas Muslim Indonesia di Philadelphia dan kota-kota sekitar. Dia pun aktif diberbagai organisasi nir laba lain yang dijadikannya sarana dan media untuk memperkenalkan Islam kepada publik Amerika.
Video

Video Edisi Khusus: Lebaran di Amerika (3)

Bagaimana suasana halal bihalal warga Indonesia di Amerika? Mari kita berkunjung ke kediaman Wawan dan Artharini di Silver Spring, Maryland yang melaksanakan open-house setelah Sholat IED. Ariadne dan Rafki juga mengajak Sahabat Dunia Kita menyimak kisah Mbak Pri, pembuat kue Lebaran tradisional, seperti kue Kembang Goyang dan Onde-onde Ketawa di Baltimore, Maryland.
Video

Video Edisi Khusus: Lebaran di Amerika (2)

Meskipun sedang di rantau, tradisi baju lebaran ternyata tetap berkembang di komunitas warga muslim Indonesia di Amerika. Kenalan yuk dengan Mba Zerlitha, pengusaha baju muslim di Amerika. Ariadne Budianto dan Rafki Hidayat juga mengajak Sahabat Dunia Kita menyaksikan pagelaran busana baju muslim rancangan desainer Indonesia di Amerika.
Video

Video Edisi Khusus: Lebaran di Amerika (1)

Dari Argyle Middle School, Maryland, lokasi Sholat IED masyarakat Indonesia di Washington DC dan sekitarnya, Ariadne Budianto dan Rafki Hidayat mengajak Sahabat Dunia Kita menyaksikan pelaksanaan Sholat IED warga Indonesia di Amerika dan suka duka mereka berlebaran jauh dari kampung halaman.
Video

Video Sholat Idul Fitri di Ibukota AS dan Sekitarnya

Warga Indonesia di ibukota Amerika Serikat, Washington D.C. memang belum memiliki masjid tersendiri. Tetapi saat sholat Idul Fitri Muslim asal Indonesia seakan punya masjid sendiri untuk sholat Ied. Bagaimana suasana sholat Ied di Washington DC dilaporkan tim VOA dari sana.
Video

Video Idul Fitri Warga Indonesia di Washington

Sekitar 2.000 warga di area Washington, DC, melangsungkan sholat Idul Fitri dan silaturrahmi komunitas Indonesia. Sholat dilakukan di sebuah ruang serbaguna sekolah, memanfaatkan liburan musim panas. Suasana kekeluargaan tetap terasa walaupun warga jauh dari tanah air.
Video

Video Baju Lebaran Warga Indonesia di Rantau

Anda di tanah air mungkin sudah menyiapkan baju untuk lebaran. Bagaimana denan Diaspora Indonesia di Amerika Serikat? Apakah mereka juga menyambut Idul FItri dengan baju baru? Berikut laporan lengkapnya oleh Tim VOA.
Video

Video Warga Indonesia Berlebaran di AS

Warga Indonesia di Amerika Serikat baru mempersiapkan sholat Ied yang, karena perbedaan waktu, berlangsung bertepatan dengan sore hari waktu Indonesia bagian Barat nanti. Berbeda dengan di tanah air, umat Islam Indonesia di Amerika hanya mendengar kumandang takbir dalam acara-acara tertutup. Selengkapnya mengenai kegiatan Idul Fitri warga Indonesia di Amerika dilaporkan Nova Poerwadi dan tim VOA dari Washington D.C, Amerika Serikat.
Video

Video Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri dari Direktur VOA

Direktur VOA David Ensor mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri bagi pemirsa di Indonesia.
Video

Video Usaha Rumahan Kue Lebaran Warga Indonesia di AS

Selain bersilaturahmi, mencicipi kue lebaran adalah hal yang paling dinanti saat Hari Raya Idul Fitri, termasuk bagi yang merayakannya di Amerika Serikat. Seorang perempuan asal Ponorogo, Jawa Timur, yang telah 10 tahun tinggal di Baltimore, Maryland. Melihat ini sebagai peluang untuk menjadi pembuat kue lebaran, memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia di negara bagian Maryland, Virginia dan Washington DC. Selengkapnya ikuti liputan Tim VOA berikut ini.
Video

Video Usaha Menyambut Lebaran di Amerika

Supri Yono dan Nadia Madjid kembali menemui Anda dalam "Sahur Bareng VOA" untuk episode terakhir, Rabu, 7 Agustus 2013. Acara yang disiarkan langsung dari studio VOA di Washington DC ini ditayangkan di JTV pas jam sahur, 3:30-4:30 WIB. Tamu yang hadir kali ini adalah Zerlitha Arifin, pemilik bisnis garmen rumahan dan Priyantini Warsi, pembuat kue dan jajanan khas Indonesia di Amerika.
Video

Video Mengunjungi Masjid Bawa Muhaiyaddeen di Amerika

Komunitas muslim Amerika Serikat sangat beragam, baik dari segi aliran, budaya, maupun mazhabnya. Ada sebuah masjid yang didirikan seorang tokoh sufi di kota Philadelphia, sebagaimana dilaporkan reporter VOA Patsy Widakuswara berikut ini.
Video

Video Berjualan Kue Lebaran di AS

Warga Indonesia di Amerika Serikat juga melakukan berbagai persiapan menghadapi Hari Raya Idul Fitri. Salah satunya membeli kue kering Lebaran untuk disajikan saat halal bihalal. Tetapi bagaimana warga Indonesia bisa mendapatkan kue Lebaran seperti nastar, kastengel atau kue Lebaran khas lainnya. Selengkapnya dilaporkan Nova Poerwadi dan tim VOA dari Washington D.C, Amerika Serikat.
Video

Video Restoran Padi di San Francisco

Pilihan untuk menu buka puasa di Amerika, lebih terbatas terutama untuk mendapatkan makanan Indonesia yang halal. Namun ada satu tempat tujuan andalah bagi diaspora Indonesia maupun warga Amerika umumnya di San Fransisco. Kilau Ramadan VOA kali ini mengajak Anda ke sana untuk mencicipi menu restoran “Padi”.
Video

Video Membangun Keluarga Sakinah di Amerika

Supri Yono dan Nadia Madjid kembali menemani Anda dalam "Sahur Bareng VOA". Tamu di studio VOA di Washington DC kali ini adalah Sri Darma Krida, staf sekolah Islam Al Huda di negara bagian Maryland, dan Dian Nasrah, mahasiswa psikologi University of Maryland.
Video

Video Tradisi Muslim Indonesia Jelang Idul Fitri

Berbagai tradisi menjelang Idul Fitri juga dilakukan umat Muslim Amerika. Termasuk memperbanyak amal ibadah. Selengkapnya ikuti laporan Patsy Widakuswara dan Supri Yono.
Video

Video Mesjid Bawa Muhaiyaddeen di Philadelphia, AS

Muslim Amerika Serikat berasal dari berbagai aliran sehingga masjid mereka pun beraneka ragam mahzabnya. Kali ini tim VOA mengajak anda mengunjungi Mesjid Bawa Muhaiyaddeen di kota Philadelphia negara bagian Pennsylvania. Selengkapnya dilaporkan reporter VOA Patsy Widakuswara.
Video

Video Tetap Latihan Silat Saat Ramadan

Untuk menghormati bulan Ramadan, hari Senin kemarin, pendidikan pencak silat Al-Azhar mengadakan buka puasa bersama. Meski bulan puasa, Al Azhar, perguruan silat di wilayah Virginia tetap melakukan latihan bersama. Al Azhar juga mengadakan program khusus untuk mendorong anak didik mereka semakin giat beribadah. Bagaimana suasana latihan dan buka puasa bersama mereka? Ikuti laporan tim VOA berikut ini.
Video

Video Menjadi Guru Mengaji di Amerika

Mencari guru mengaji berkualitas tidak terlalu sulit di tanah air, namun Muslim Indonesia di Amerika tidak bisa banyak menemukannya.Kilau Ramadan VOA kali ini mengajak Anda berkenalan dengan seorang guru mengaji yang sudah 20 tahun lebih menekuni profesinya sambil menyebarkan dakwah Islam.
Video

Video Muallaf AS Beraliran Sufi

Diperkirakan, sekitar enam hingga tujuh juta warga Amerika Serikat beragama Islam. Sebagian besar terlahir ke keluarga Muslim, tetapi ada juga yang muallaf. Menariknya, sebagian muallaf pertama mengenal ajaran Islam lewat ajaran tasawuf atau sufi. Selengkapnya dilaporkan Nova Poerwadi dan tim VOA dari Washington D.C, Amerika Serikat.
Video

Video Busana Muslim bagi Warga Indonesia di AS

Seperti di tanah air, Muslim Indonesia di Amerika Serikat juga banyak meminati busana Muslim khususnya menjelang Idul Fitri yang sebentar lagi tiba. Apa saja alternatif baju Muslimah yang bisa digunakan berhalal bi halal oleh Muslim Indonesia di rantau? Kita simak laporan tim VOA dari Washington, D.C.
Video

Video Muslim Indonesia Bangun Masjid di Kota Kecil AS

Bagi Muslim Amerika Serikat yang tinggal di kota besar seperti New York atau Chicago, tidak sulit untuk menemukan masjid untuk sholat berjamaah, berbuka puasa bersama atau kegiatan keagamaan bersama lainnya. Tetapi tidak demikian bagi Muslim di kota-kota relatif kecil seperti kota Indiana, negara bagian Pennsylvania yang berpenduduk sekitar 14 ribu jiwa. Umat Islam setempat baru mulai membangun masjid bersama. Salah satu penggiatnya adalah Muslim asal Indonesia, Kustim Wibowo. Selengkapnya dilaporkan tim VOA dari Indiana, Pennsylvania.
Video

Video Pagelaran Busana Muslimah Indonesia di AS

Selama bulan Ramadan, biasanya minat muslimah akan busana muslim meningkat. Demikian pula dengan muslimah Indonesia di rantau. Baru-baru ini kerinduan muslimah indonesia di Washington DC dan sekitarnya, akan busana muslim indonesia terjawab dengan pagelaran busana yang diadakan atas kerjasama Kedutaan Besar RI dan Indonesian Islamic Culture Foundation. Selengkapnya simak Laporan VOA bersama reporter Patsy Widakuswara.
Video

Video Salah Satu Restoran Favorit Presiden Obama, Ben's Chilly Bowl

Kilau Ramadan VOA kali ini mengajak anda ke salah satu restoran favorit Presiden Obama di kota Washington DC, yang bernama Ben’s Chilli Bowl. Restoran ini menyajikan menu standar Amerika seperti hot dog, hamburger dan chilli, serta telah puluhan tahun menjadi tujuan wisata kuliner wajib di ibukota Amerika Serikat. Namun tak banyak orang tahu, pemiliknya, Ben dan Virginia Ali, adalah pemeluk Islam. Selengkapnya simak laporan Tim VOA dan Patsy Widakuswara berikut ini.
Video

Video Imam Besar Istiqlal Jadi Penasehat Syariah Sertifikasi Halal di AS

Imam besar masjid Istiqlal Jakarta menjadi salah seorang penasehat syariah untuk sebuah lembaga sertifikasi halal di AS. Lembaga ini memberikan label halal bagi produk daging hewan ternak dan unggas. Selengkapnya dilaporkan Tim VOA dan Alam Burhanan berikut ini.

Selengkapnya mengenai Ramadan di AS

Warga Indonesia di AS Berjuang Dirikan Masjid

Setelah membangun rumah sederhana yang berfungsi sebagai masjid kecil, Kustim Wibowo ingin membangung rumah ibadah yang layak bagi komunitas Muslim di Indianan.
Selengkapnya

Ramadan Muslim Indonesia di Los Angeles Sarat Aktivitas

Muslim Indonesia di Los Angeles, melaksanakan kegiatan Ramadan antara lain dengan buka puasa dan taraweh bersama serta itikaf di Masjid Konsulat Jenderal RI Los Angeles.
Selengkapnya

Crescent Foods Pasok Daging Halal ke Pasar Umum AS

Omzet penjualan daging halal selama Ramadan di Amerika Serikat mencapai dua kali lipat dari bulan-bulan sebelumnya.
Selengkapnya

Beramal dan Menjadi Relawan di Bulan Ramadan

Meskipun menjalani bulan suci Ramadan dengan berpuasa sejak subuh hingga magrib selama satu bulan, banyak Muslim AS yang masih meluangkan waktu untuk menjadi relawan untuk amal.
Selengkapnya

Paket Liburan Idul Fitri bagi Keluarga Muslim AS

Dua pengusaha Muslim AS, pendiri 'Salaam Cruise', mengemas paket liburan yang dapat dinikmati oleh keluarga Muslim di Amerika, seperti di saat liburan Idul Fitri, lengkap dengan menu makanan halal dan acara siraman rohani.
Selengkapnya

Pengalaman Mualaf Berpuasa di Amerika

Menjalani puasa bagi seorang mualaf, atau orang yang baru saja memeluk agama Islam, di Amerika yang mayoritas masyarakatnya non-Muslim bukan hal yang mudah.
Selengkapnya

Grosir Makanan Halal di Kota Pittsburgh, AS

Mencari bahan makanan halal di negara yang mayoritas warganya non-muslim, seperti Amerika, bukanlah hal mudah, namun tidak demikian dengan masyarakat muslim di kota Pittsburgh, Pennsylvania.
Selengkapnya

Minat Belajar Perempuan di Negara Muslim Meningkat

Meningkatnya jumlah perempuan di negara-negara Muslim telah memicu kebutuhan studi tentang Islam khusus bagi kaum perempuan dalam beberapa tahun ini yang diharapkan bisa menjadi sarana kebebasan yang lebih besar.
Selengkapnya

Tantangan bagi Generasi Muda Muslim Amerika

Hampir 60 persen Muslim dewasa di Amerika berusia antara 18 sampai 39 tahun, yang merupakan kesempatan juga tantangan karena jumlah kelompok usia muda Muslim yang besar.
Selengkapnya
Selengkapnya

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook